HEADLINEHUKUM & KRIMINALPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dewan Temukan Banyak Desa Tidak Publikasikan Kegiatan DD

Ketua Komisi I DPRD pamekasan, Ismail
Ketua Komisi I DPRD pamekasan, Ismail

Pamekasan, maduranewsmedia.com -Anggaran Dana Desa (DD) sudah cair pada bulan Juli yang lalu dan saat ini sedang dalam tahapan realisasi oleh kepala desa. Sayangnya, di lapangan banyak ditemukan desa yang tidak mempublikasikan realisasi kegiatan dari anggaran besar dari pusat itu.

Kondisi itu menjadi sorotan publik khususnya ketua komisi I DPRD Pamekasan, sebab publikasi realisasi dana desa (DD) itu, sebagai bentuk transparansi agar masyarakat bisa mengetahui dan ikut memantau kegiatan hasil DD, yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan,  Ismail mengatakan, hasil kunjungannya ke sejumlah desa, dirinya menemukan desa yang sudah mempublikasikan kegiatan dari dana desa  melalui Benner yang di pasanga di balai desa. Namun, masih banyak desa yang belum melakukan hal itu.

“Dalam koordinasi kami dengan pendamping desa dan pihak kecamatan, kami sudah meminta agar kegiatan DD ini di publikasikan, biar masyarakat tahu dan bisa ikut serta melakukan pengawasan di lapangan,” kata Ismail. Rabu (7/9/2016).

Lebih lanjut Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam mengawasi kegiatan DD, maka kerja pengawasan wakil rakyat akan lebih mudah. Sebab, pihaknya tidak mungkin bisa datang ke semua desa mengawasi kegiatan DD.

“Kami minta kepada kepala desa agar memasan bener di balai desa agar masyarakat tidak mempunyai pemikiran yang salah. Terkait dana desa tersebut, bahkan kami minta kepada masyarakat agar juga mengawasi, apa bila ada temuan di lapangan segera memberikan informasi kepada kami. Karena komisi 1 DPRD punya mintra terkait dana desa,”pungkas ismail. (rhm/shb)