HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Diguyur Hujan Selama Dua Hari, 16 Dusun Dua Kecamatan Di Kabupaten Bangkalan Terendam Banjir

salah satu dusun yang terendam banjir di kecamatan Arosbaya

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur kabupaten Bangkalan selama dua hari menyebabkan 16 dusun di dua kecamatan di kabupaten Bangkalan terendam Banjir. 16 dusun itu itu, 8 dusun di kecamatan Arosbaya dan 8 dusun di kecamatan Blega. “Di kecamatan Arosbaya ada 600 Kepala Keluarga di 8 dusun di dua desa yang terdampak bencana Banjir,” kata Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Bangkalan, Rizal Morris, Senin (28/01/2019).

Dikatakan Rizal Morris, ke-600 Kepala Keluarga tersebar di 8 dusun di dua desa di kecamatan Arosbaya yang terendam banjir itu antara lain; di dusun Pandian, Ngantemoran, Rengujeng, Segeran, Bunalas, Lebak dan dusun Morlorong desa Arosbaya, serta dusun Tak Anyar  desa Buduran kecamatan Arosbaya. “Air mulai mengenangi dusun sekitar pukul 11.00 WIB dan ketinggian air 50 cm,” jelas Rizal panggilan akrabnya Kepala PelaksannBPBD Bangkalan itu.

Dikatakan Rizal, air yang merendam 8 dusun itu adalah aliran air sungai yang berasal dari kecamatan Geger juga karena luapan sungai Tambangan di Arosbaya,. “Selain merendam 8 dusun akibat banjir jalan akses terndam,  jalan akses yang terendam itu adalah  jalan Air mata Ebu, jalan ke kantor kecamatan Arosbaya,  akses jalan menuju ke kecamatan Geger yang mengakibatkan arus kendaraan macet,” terangnya.

Djelaskan Rizal, tidak ada korabn jiwa dalam bencana banjir di kecamatan Arosbaya, namun sejumlah hewan ternak milik masyrakat terbawa arus air sungai. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya Hewan peliharaan terbawa arus sungai,” tuturnya.

Lebih lanjut Rizal Morris menjelaskan, Sedangkan bencana banjir di kecamatan Blega ada 8 dusun di desa Blega kecamatan Blega yang terendam banjir. 8 dusun itu antara lain; dusun Laok Sungai, Kauman, Sempar, Karang Kemasan, Klabetan, Pekaden, Bangtemoran dan dusun Mor Laok. “Akibat banjir ini, akses jalan propinsi dikecamatan Blega terendam air sepananag 1 km,” katanya.

Ditambahkan Rizal, untuk banjir di kecamatan Arosbaya, tim BPBD kabupaten bangkalan beserta beserta personel polsek Arosbaya, personil koramil Arosbaya, Camat Arosbaya dan warga melakukan pengaturan lalu lintas dikarenakan terjadi kemacetan yang ditimbulkan oleh bencana banjir  dan melakukan monitoring ketinggian air setiap jam  serta berkoordinasi dengan instansi terkait

Sedangkan untuk korban terdampakbencana banjir di dua kecamatan ini kata Rizal BPBD Bangkalan memberikan bantuan darurat berupa paket lauk pauk untuk di distribusikan  ke korban terdampak bencana.(hib/shb)