Dimasa Wabah Virus Corona (Covid-19), Susu Kefir Buatan Anggota TNI AL ini Banjir Pesanan

Anggota TNI Al Kopka Taufikur Rohman

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang terjadi saat ini ternyata membawa berkah tersendiri bagi  Anggota TNI AL Kopka Taufikur Rohman warga perumahan Dinas TNI AL Jalagatra desa Tanjung Jati Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.. Betapa tidak, pada saat mewabahnya Virus Corona (Covid-19) ini susu Kefir buatannya Banjir pesanan. “Saya sampai kewalahan melayani pesanan susu Kefir ini, karena salah satu manfaat bagi kesehatan, susu Kefir ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh (imun). Kalau  kita punya imun insya Allah aman dari virus,” kata Taufikur sapaan akrabnya  Anggota TNI AL yang memiliki hoby agrobisnis hasil olahan susu ini, Selasa (14/04/2020).

Dikatakan dia, bahan baku dari susu kefir ini adalah susu kambing dan biji Grains. “Bahan bakunya Susu Kefir ini adalah susu kambing Sanin, Jawa Randu dan Etawa, 3 jenis susu kambing ini yang saya pakai denga kwalitas kekentalan susu di atas rata-rata, dan jadi susu pilihan serta biji Grans (60 bakteri baik), hebatnya dari biji Grans standar laboratorium Rusia dan warisannya nabi Muhammad. Insya Allah dengan menkonsumsi kefir secara rutin akan menambah rahasia umur panjang,” jelas Taufikur.

Dijelaskan dia bahan-bahan baku tersebut kemudian diolah dengan menggunakan Pasturisasi menjadi susu Kefir (Fermentasi). “Butuh Fermentasi selama 2 hari, dan dalam fermentasi susu Kefir ini  tergantung cuaca, kalau hujan suhu tidak panas, membutuhkan waktu lebih lama lagi, Fermentasinya bisa 2 hari setengah,”  terangnya.

Untuk bahan baku Susu Kefir yaiitu susu kambing kata Taufikur, dirinya tidak merasa kesulitan, karena bahan baku susu kambing itu di datangkan dari Peternak binaanya yang ada di beberapa daerah di jawa Timur. “Kalau bahan bakunya saya tidak kuatir, karena susu kambing saya ambil dari peternak binaan di  beberapa tempat di Jatim,” tuturnya..

Ditambahkan Taufikur, agrobisnis hasil olahan susu ini diberi nama susu Minuman Magic Tradisional Kefir yang dijadikan makanan  fungsional. “Para pelanggan saya yang mengkonsumsi, adalah mereka yang mempunyai penyakit Diabetes dan penyakit dalam, kalau untuk penyakit Paru-paru insya Allah cepat sembuh, karena susu Kefir ini  untuk terapi kesehatan menjadikan susu Kefir sebagai makanan fungsional,” katanya.

Dalam membuat susu Kefir ini, pada awalnya yaitu pada tahun 2016 dirinya hanya mencoba-coba, dan sekarang susu buatannya sudah menjadi usaha sampingan karena pelangganya sudah banyak. “Tahun 2016 awalnya saya buat untuk di pakai sendiri, karena berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan lalu saya  produksi secara massal. Untuk saat pemasarannya masih di pulau madura saja, pelanggan saya di  Sumenep sudah banya, bahkan Susu Kefir saya ini sudah saya kirim ke Manado sebanyak  25 botol,” pungkasnya. (hib/shb)