HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dinas Perikanan Bangkalan Akan Besarkan UMKM Hasil Perikanan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Abd Rasyid

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Dinas Perikanan kabupaten Bangkalan saat ini tengah berupaya untuk membesarkan UMKM hasil Perikanan. Tekad dari Dinas Perikanan ini dipicu oleh prestasi yang diraih  Kelompok pengolah hasil ikan dan pemasar (Poklahsar pranspul)  dari kecamatan Sepuluh yang meraih Juara III Pengolah ikan terbaik Propinsi Jatim. “Jadi kedepan kami akan mencoba menggiring hasil olahan ikan ini,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Abd Rasyid, Jum,at (20/4/2018).

Dikatakan dia, upaya untuk membesarkan UMKM hasil perikanan ini dimaksudkan agar supaya tumbuh inteprenersip baru dari masyarakat nelayan. “Kedepan kita fokus tumbuhnya interprersip baru. Hasil perikanan itu bisa dijadikan banyak olahan, seperti pemindangan ikan, dikeringkan bisa dijadikan ikan asin, pokoknya banyak tinggal kreatifitas dari kelompok nelayan,” jelasnya.

Dijelaskan dia, jika nanti UMKM hasil hasil Perikanan ini tumbuh dan berkembang, maka hal itu akan  memberikan nilai tambah ekonomi bagi keluarga nelayan, “Jadi hasil  ikan yang bagus misalnya bisa di buat bakso ikan dan sebagainya,” terang mantan Kadis Koperasi dan UMKM bangkalan ini.

Jika mengaca kepada Kelompok pengolah hasil ikan dan pemasar (poklahsar pranspul)  dari kecamatan Sepuluh yang  menjadi Juara III Pengolah ikan terbaik Propinsi Jatim, olahan ikan yang ditampilkan itu adalah pengelohan ikan sampai jadi trasi. “Juara III itu bagi saya sangat bagus sekali, karena satu-satunya poklahsar pranspul yang tampil dengan peralatan semi tradisional, padahal lawan-lawannya dengan peralatan yang modern,” tuturnya.

Jadi kata Abd Rasyid, kedepan pihaknya akan menargetkan pertumbuhan UMKM hasil perikanan itu tiap tahunnya 6 hingga 9 perusahaan. “Kita akan menoptimalkan Penyuluh Petugas Lapangan untuk mencapai target ini,” pungkasnya. (hib/shb)