HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dinas Perikanan Bangkalan Akan Salurkan Bantuan Untuk Kelompok Nelayan

perahu Nelayan saat lego jangkar

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan di kabupaten bangkalan, Dinas Perikanan kabupaten bangkalan akan memberikan bantuan alat tangkap dan benih ikan. “Ada rencana lagi untuk memberi bantuan kepada salah satu kelompok nelayan, dan rencana ini telah disepakati oleh pak bupati,” kata Kepala Dinas Perikanan kabupaten bangkalan, Mohammad Zaini, Selasa (05/11/2019)

Dikatakan dia  Program bantuan  bagi nelayan ini berupa dana hibah dan nanti akan diserahkan pada tanggal 24 November 2019. “Bantuan itu berupa net bubu atau jaring rajungan kepada 11 kelompok nelayan yang ada di bangkalan, ada juga bantuan bibit udang Vanamai,” jelas Mohammad Zaini panggilan akrabnya mantan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan ini.

Dijelaskan Zaini, selain bantuan alat tangkap dan benih ikan, Dinas Perikanan kabupaten bangkalan juga akan memberikan asuransi nelayan. “Gunanya Asuransi nelayan ini untuk perlindungan terhadap nelayan,  seperti jika ada nelayan tenggelam dan lain lain, untuk asuransi nelayan ini sudah ada 500 nelayan yang telah terdaftar, dan nanti kartu asuransinya  akan diberikan langsung oleh bapak bupati,” terangnya.

Ditambahkan Zaini, Dinas Perikanan  saat ini tengah mengagas sebuah kawasan pesisir di pantai Utara untuk dijadikan sebagai tempat wisata ikan.. “Memang di sebelah utara bangkalan sangat kuat penghasilan ikannya, keindahan lautnya juga sangat mendukung, sehingga sangat bisa menarik minat wisatawan. Dan untuk rencana ini kami sangat mengharap dukungan dari pemerintah,” tuturnya.

Oleh sebab itu kata Zaini, saat ini pihaknya  lebih banyak memberikan edukasi kepada kelompok nelayan atau perorangan. “Dengan edukasi ini  para ibu rumah tangga nelayan bisa menambah kreatifitas dan menjadi tambahan penghasilan. Karena tujuan dan visi utama kami adalah mensejahterakan keluarga para nelayan,” pungkasnya. (ver/shb)