Dinas PU Bina Marga Bangkalan Mulai Bangun Jalan Alternatif Di Lokasi Longsor Desa Tlagah Galis

Jalan kabupaten yang terpputus akibat longsor di Galis mulai diperbaiki

Bangkalan,maduranewsmedia.com-  Dinas PU Bina Marga Bangkalan membangun jalan alternatif sepanjang 40 meter di lokasi bencana longsor di desa Tlagah kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. jalan alternatif itu  sebagai jalan  kabupaten penghubung dua kecamatan yaitu kecamatan Konang dan kecamatan Geger yang tergerus akibat bencana tanah longsor yang terjadi pada tanggal 29 Desember 2020 lalu. “Jalan alternatif itu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Plt Kadis PU Bina Marga kabupaten Bangkalan, Ishak Sudibyo, Jum,at (22/01/2021).     

Dikatakan dia, jalan alternatif sepanjang 40 meter itu dibangun, agar supaya masyarakat yang selamaini tidak bisa melintas karena jalan kabupaten terputus akibat longsor bisa kembali melintasi jalan tersebut. “Jalan alternatif ini akan digunakan selama pembangunan jalan kabupaten yang tergerus akibta longsor itu selesai. ya paling lama 2 bulan,” jelas Yoyok sapaan akrabnya  Plt Kadis PU Bina Marga ini.  


Dijelaskan Yoyok, kegiatan yang dilakukan di lokasi bencana tanah longsor itu adalah pembangunan tebing penahan jalan yang longsor dan pengecoran jembatan. “Untuk tebing penahan jalan yang longsor sepanjang 40 meter,” terangnya.

Ditambahkan Yoyok, untuk dua kegiatan di lokasi bencana tanah longsor di desa Tlagah kecamatan Galis. disediakan anggaran sebesar Rp 350 juta. “Untuk pengecoran tebing jalan kita sediakan anggaran Rp 250 juta dan untuk perbaikan jembatannya Rp 100 juta. jadi total anggarannya Rp 350 juta,” pungkasnya. (hib/shb).