Dinkes Bangkalan Bakal Siagakan Puskesmas di Jalur Mudik

Kadinkes Bangkalan, Nur Aida Rachmawati

Kadinkes Bangkalan, Nur Aida Rachmawati

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- untuk memperlancar pelaksanaan arus mudik lebaran tahun 2015/1436 H, Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur akan mensiangakan puskesmas-puskesmas yang berada di jalur mudik lebaran. “Kegiatan pelayanan Kesehatan Dinkes akan kita mulai pada H-14 hingga H+14, pelayanan ini kita utamakan ditempat-tempat utama jalur arus mudik,” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, dr Nur Aida Rachmawati, M.Kes disela-sela acara Rakor rencana operasi angkutan lebaran Terpadu, di aula Diponegoro, Kamis (02/07/2015).

Dijelaskan dia, puskesmas-puskesmas yang berada dijalur mudik itu akan disiapkan tenaga kesehatan dan logistik obat-obatan serta peralatan kesehatan dan ambulance 24 jam. “Puskesmas yang ada di jalur mudik harus siaga penuh agar mampu menangani kegawatdaruratan, KLB dan masalah kesehatan yang lainnya akibat melonjaknya pemudik,” jelas Mantan Kepala Puskesmas Klampis ini.

Lebih lanjut Nur Aida Rachmawati menjelaskan, selain menyiagakan puskesmas-puskesman di jalur mudik, Dinkes juga akan menyediakan pos kesehatan lapangan pada jalur mudik lebaran terutama di daerah-daerah rawan kecelakaanlalu lintas dan di Pelabuhan. “Di pos ini nanti akan kita siapkan tenaga Kesehatan, emergency kit dan obat-obatan, dimana juga dipos ini tenaga kesehatan bergabung dengan Kepolisian dan mitra,” katanya.

Selama masa priode arus mudik kata Nur Aida, Dinkes akan mengintensifkan sistem kewaspadaan melalui pengumpulan data-data penyakit yang harus dipantau selama 24 jam. “Pemantaun selam amasa periode arus mudik ini menurut kami sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit menular potensial KLB,” pungkasnya. (hib/shb)