Dinkes Bangkalan Lakukan Penilaian Kinerja Puskesmas

puskesmas kota bangkalan

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com- dinas kesehatan kabupaten Bangkalan melalukan penilaian Kinerja Puskesmas (PKP). Ada sebanyak 22 puskesmas yang dilakukan penilaian kinerja oleh tim Dinkes bangkalan. “Kemarin hari terakhir PKP, dan hasilnya masih ada di tim,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Bangkalan, Erni Mardiana, Kamis (9/3/2017).

Dikatakan dia, ada beberapa variabel yang dinilai diantaranya; kesehatan lingkungan,  sanitasi, penyehatan makanan dan minuman, penyehatan perumahan dan sanitasi dasarnya, Promosi kesehatan. “Masing-masing variabel yang dinilai ada indikatornya,” jelas Erni Mardiana.

Dia mencontohkan seperti  variabel promosi kesehatan indikatornya adalah pengembangan desa siaga, pemberdayaan masyarakat dalam Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ((PHBS) pengembangan upaya kesehatan berbasis masyarakat contohnya posyandu, penyuluhan Napsa,

Lebih lanjut Erni Mardiana menjelaskan tujuan dari PKP ini adalah  untuk mengetahui sejauh mana kinerja puskesmas dalam satu tahun. “Jadi melalui PKP ini kita bisa tahu  apakah program program jalan apa ngak, permasalahan apa yang dihadapi, karean dalam satu tahu itu setiap puskesmas ada target seperti target imunisasi. “Sekarang hasil PKP masih dianalisa,” pungkasnya. (hib/shb)

 

iklan 100x100