HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Dinkes Bangkalan Nyatakan Kasus Hepatitis A Di SMPN 5 Bangkalan Tuntas

Kabid P2pL< Walid Ysufi didampingi Sekretaris Dinkes Bangkalan Rasuli

 

Bangkalan, maduranrewsmedia.com– Hasil penyeledikan epidemologi peningkatan kasus hepatitis A  di SMPN 5 Bangkalan yang dilakukan oleh tim dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan dan tim kesehatan propinsi menyatakan jika kasus penyakit Hepatitis A di sekolah tersebut telah tuntas. “Dari hasil penyeledikan yang dilakukan ternyata sumber penularan penyakit Hipatitis A yang terjadi di sekolah itu berasal dari air dan makanan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupatan Bangkalan, Muzakki melalui Kabid P2PL, A Walid Yusufi, Kamis (26/1/2017)

Dikatakan Walid Yusufi, dalam penyelidikan kasus Hipatitis A itu, tim mengambil sampel air dan sampel makanan di sekolah tersebut. “Karena penyakit Hipatitis A menularnya dari air dan makanan, bisa alat maan yang dipakai bergantian itu menjadi penyebab penularan penyakit ini,” jelasnya.

Namun kata Walid Yusufi, saat ini disekolah SMPN 5 bangkalan tersebut telah steril dan tidak ada lagi penykait Hepatitis A. “Ya air sumurnya sebagai sumber dari penularan penyakit Hepatitis A telah kita beri Kavorit dan Alhamdulillah, tuntas,” terangnya.

Dalam kasus Hipatitis A yang terjadi di SMPN-5 bangkalan itu kata Walid Ysufi, ada sebanyak 49 siswa yang terserang penyakitr Hipatitis A. “Alhamdulillah sekaran semua siswa yang terkena penyakit Hepatitis A sembu semua dan penyakit ini memang sembuh dengan sendirinya setelah melewati masa inkubasi,” pungkas Walid Yusufi. (hib/shb)