Dinsosnakertrans Bangkalan Gelar Pelatihan Kerja

peserta pelatihan saat mengikuti materi pelatihan kerja

peserta pelatihan saat mengikuti materi pelatihan kerja

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Adanya moratorium atau penyetopan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri oleh pemerintah pusat langsung diantisipasi oleh Dinas sosial tenga kerja dan Transmingrasi (Dinsosnakertran) kabupaten Bangkalan dengan membuka pelatihan kerja, hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesepatan kepada para wanita agar tidak  mempunyiai niatan untuk menjadi TKW dan TKI ke luar negeri. “Jadi pelatihan kerja ini memberikan keterampilan kepada para wanita. Jika seorang perempuan itu telah mempunyai keterampilan, maka dia tidak lagi memikirkan untuk menjadi TKW ke luar negeri, apalagi saat ini pemerintah telah mengeluarkan monotarium, meskipun secara resmi kami belum menerima suratnya,” kata Kepala Dinsosnakertrans Bangkalan, Yulianto melalui Sekretaris, Siti Amina, Senin (11/05/2015).

Dijelaskan dia, dalam pelatihan kerja kali ini, pihkanya membuka 5 kejuruan, antara lain ; otomotif, komputer, menjahit, Las dan Las linstrik. “ Pesertanya sebanyak 80 orang, tiap-tiap kejuruan pesertanya 6 orang. Mereka akan dilatih selama 1 bulan dan nanti setelah selesai pelatihan, terserah kepada peserta, namun sebagain dari mereka  ada yang bedirkari sendiri dan ada mau diambil perusahaan,” jelasnya.

Dijelaskan Siti Amina, dalam pelatihan yang digelar selama 1 bulan tersebut, pihkanya mendatangkan 10 orang instruktur. “Ada 10 orang instruktur yang mengajari mereka hingga para peserta ini betul-betul memiliki keterampilan,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pesetrta pelatihan, Nur Juliani dari kecamatan Kamal ini, mengaku ikut pelatihan menjahit agar mempunyai keterampilan. “Ya biar mempunyai keteampilan serta bisa  mandiri dengan membuka usaha sendiri,” pungkas Nu Juliani. (hib/shb)

 

iklan 100x100