HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dirjen PSP Kementrian Pertanian RI, Bersama Dandim 0829/Bangkalan Lakukan Peluasan Lahan Tanam di Kawasan Suramadu

Drijen PSP Kementrian Pertanian RI saat melakukan Tanam bersama
Drijen PSP Kementrian Pertanian RI saat melakukan Tanam bersama

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Untuk memenuhi target produksi pangan Nasional. Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian RI. Gatot Irianto dan dandim 0829/Bangkalan terus melakukan upaya perluasan lahan tanam diberbagai wilayah di Indonesia  salah satunya dilakukan di kawasan area Suramadu di desa Burneh kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan Madura. “Pokoknya sawah yang habis panen segera lakukan tanam lagi,” kata Gatot Irianto disela-sela acara tanam bersama di area Suramadu, Kamis (24/03/2016).

Untuk membantu para petamni didalam melakukan tanam padi, dirjen PSP Kementrian Pertanian RI tersebut memberikan stimulan berupa traktor roda 4 sebanyak 3 unit, trkator roda 2 sebanyak 10 unit dan 15 unit pompa air. “Stimulan yang kita berikan kepada para petani ini untuk menggerakkan masyarakat petani supaya lahannya yang berupa tanah tadah hujan ini berfungsi,” jelas Gatot Irianto.

Dijelaskan dia, pemberian stimulan untuk menggerakkan para petani itu tidak hanya dilakukan di kabupaten bangkalan dan di pulau Madura saja, akan tetapui telah dilakukan di daerah lain di Indonesia seperti di Lampung, Kalimantan Barat Sulawesi tengah dan daerah lainnya di Indonesia. “Target kita ingin ekspor beras dan sekarang kita tenah siapakan lumbung padi di jawa,” terang Gatot.

lebih lanjut Gatot Irianto menjelaskan, dipilihnya pulau jawa sebagai lumbung padi karena dipulau jawa, khususnya jawa timur, karena arealnya luas dan potensinya sangat besar sekali. “Namun potensi persawahan yang luas ini di pulau Jawa ini kalau tidak kerjakan ya ngak ada gunayanya, makanya kita terus menerus turun ke bawah untuk menggerakkan masyarakat,” tuturnya.

Ditambahkan atot Irianto, selain memberikan stimulan berupa peralatan, pihaknya juga memberikan bantuan benih sebanyak 5 ton. “Target kita pada bulan Maret ini diatas 9 juta Hektar dengan target produksi padi 5 ton/hektarnya, saat ini produksi padai nasional sudah mencapai 5,2 ton/hektarnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol, Inf Sunardi Istanto  mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan pelaksanaan perluasan lahan tanam di kabupaten bangkalan ini. “Program pemerintah ini akan terus kami kawal dengan menerjunkan para babinsa dan anggota Koramil,” kata Sunardi Istanto.

Dikatakan dia, selama ini Kodim 0829/Bangkalan bersama-sama Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten bangkalan selalu aktif turun ke bawah sejak musim tanam dilakukan. “Kita harus mensukseskn program pangan nasinonal ini,” kata Sunardi Istanto.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Bangkalan, Abdullah Fanani menjelaskan   target luas tanam pada bulan Maret.2016 seluas 5.348 ha, namun sampai saat ini masih teraalisasi seluas 549 ha dan masih kurang 4.799 ha. “Namun selesai musim panen ini kan langsung ditanami kembali, jadi insya Allah nanti target itu akan tercapai,” kata Abdullah Fanani.

selain Drijen PSP RI, acara perluasan tanam yang dilakukan di kawasan area Suramadu itu juga dihadiri oleh Jepala Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur, Wibowo Eko Putro. (hib/shb)