HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Disdik Bangkalan Akan Berlakukan Sistem Zonasi Murni Dalam PPDB SMP Tahun  2019

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Bangkalan, Risman Iriyanto

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP pada mata pelajaran tahun 2019-2010 yang akan dimulai pada akhir bulan Mei nanti, Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan akan menerapkan sistem Zonasi murni. “Kami masoh akan membuat peraturannya PPDB tahun 2019-2020, tapi insya allah akan diberlakukan zonasi murni,” kata  Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP, Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto, Senin (07/06/2019).

Dikatakan dia, kalau pada PPDB mata pelajaran tahun 2018-2019,  Dinas pendidikan kabupaten Bangkalan masih menerapkan zona campuran. “Kalau pada PPDB tahun lalu kita masih menerapkan zonasi campuran, calon siswa masih diseleksi dari nilai ujian, tapi kalau pada PPDB sekarang kita betul betul zona, kalau dulu memamng zona tapi masih ada seleksi,” jelas Risman panggilan akrabnya Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP ini.

dijelaskan Risman, tujuannya PPDB dengan sistem zonasi murni ini untuk mendekatkan siswa dengan rumahnya. dengan sekolah zonasi wilayah. “Jadi dalam PPDB dengan sistem zonasi murni ini, siswa.akan diterima berdasarkan wilayah, bukan berdasarkan nilai atau prestasi  atau berdasarkan domisili siswa dengan sekolah,” terangnya.

Ditambahkan Risman, dengan sistem Zonasi murni pada PPDB tahun ini akan menghilangkan kesan sekolah favorit dan sekolah tidak favorit. “Padahal semua sekolah mempunyai kualitas dan standart yang sama,  akibat adanya anggapan sekolah favorit siswa yang pinter, numpuk di satu sekolah,” katanya.

Dengan sistem zonasi murni ini kata Risman, siswa yangpinter di suatu woilayah tidak l;agi menumpuk di satu sekolah. “kita harap sistem zonasi murni pada PPDB tahun pelajaran 2019-2020 ini nanti berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (hib/shb)