Disdik Propinsi Jatim, Pantau Pelaksanaan UNBK Kejar Paket B Di Enam PKBM Empat Kecamatan

Tim Pemantau dari Disdik Propinsi Jatim saat melakukan pemantauan UNBK kejar paket B di PKBM Trunojoyo Bangkalan

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Tim Pemantau dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur melakukan pemantauan pelaksanaan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pendidikan kesetaraan kejar paket B di 6 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tersebar di 4 kecamatan di kabupaten Bangkalan. “Hasil pantuan yang kami lakukan pelaksanaan UNBK kejar paket B di 6 PKBM berjalan lancar,” kata Ketua Tim Pemantau dari Disdik Propinsi Jatim, Hamid Al Yusuf saat melakukan pemantauan di PKBM Kurnia dan PKBM Trunojoyo, Jum’at (10/5/2019).

Dikatakan dia, pemantauan yang dilakukan di 6 PKBM tersebut tidak ada kendala dan pelaksanaan UNBK  pendidikan Keseteraan kejar B berlangsung lancar. “Kalau dari pelaksanaannya lancar, mulai dari server dan listrik semuanya bagus, dan tugas kami ini hanya memantau pelaksanaan saja,” jelas Hamid Al Yusuf.

Dijelaskan Hamid, 6 PKBM yang melaksanakan UNBK pendidikan kesetaraan kejar paket B yang di pantau itu antara lain;  di kecamatan kota Bangkalan PKMB Seruni, PKBM Trunojoyo PKBM Kurnia, di kecamatan Tragah, PKBM Anugrah, di kecamatan Kwanyar PKBM Cendana dan di kecamatan Labang, PKBM Makmur. “Alhamdulillah UNBK di semua PKBM  berlangsung dengan lancar,” terang Hamid

Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Disdik Bangkalan, Jufri Kora menjelaskan, jumlah peserta UNBK pendidikan kesetaraan kejar paket B pada tahun pelajaran 2018-2019 ini sebanyak 895 siswa, yang teridiri dari siswa PKBM  500 siswa dan siswa lembaga PPS 395 siswa. “Alhamdulillah peserta UNBK pendikan kesetaraan kejar Paket B ini masuk semua,” jelas Jufri panggilan akrabnya Kabid Pembinaan PAUD dan PNF ini.

Dijelaskan dia, untuk lembaga penyelenggara UNBK pendidikan kesetaraan kejar Paket B ini ada 34 lembaga penyelenggara yang terdiri dari 15 lembaga PKBM dan 19 lembaga PPS. “Dalam penyelenggaraannya, PKBM ini numpang ke sekolah yang memiliki sarana dan prasarana komputer,” terangnya.

Ditambahkan Jufri, seperti PKBM yang melaksanakan UNBK kejar Paket B yang telah dipantau dari tim pemantau dari Disdik Propinsi Jatim itu, PKBM seruni dan PKBM Trunojoyo pelaksanaan UNBK-nya menumpang di SMKN-1 Bangkalan, PKBM kurnia menumpang di SMKN-3 Bangkalan, PKBM Anugrah Tragah.menumpang di Ponpes Nurul Amanah,  PKBM Cendana menumpang di SMPN 1 Kwanyar, dan PKBM Makmur menumpang di SMKN 1 Labang

Pelaksanaan UNBK pendidikan kesetaraan kejar paket B ini kata Jufri akan digelar selama selama 3 hari. “Ya sekarang hjari pertama dan nati terakhir hari Minggu, saya harap semua peserta UNBK kejar Paket B di bangkalan lukus semua,” pungkas Jufri. (hib/shb)