HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Disdik Tidak Lagi Keluarkan Peringkingan Nilai Tertinggi UN

Kasis Kurikulum, SMP,SMA/SMK Disdik Bangkalan Risman Irianto
Kasis Kurikulum, SMP,SMA/SMK Disdik Bangkalan Risman Irianto

Bangkalan, maduranewsmedia.com– pengumuman Ujian Nasional (UN) baik tingakt SMA,SMK dan tingkat SMP sudah diumumkan, namun Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan tidak mengumumukan peringkingan nilai tertinggi UN baik SMA, SMK maupun SMP. “Sejak UN sudah bukan lagi sebagi penentuan kelulusan siswa, maka tidak ada lagi peringkingan nilai UN tertinggi, yang penting lulus 100 persen, ” kata Kasi Kurikulum, SMP,SMA/SMK Disdik bangkalan, Riman Irianto, Senin (13/06/2016).

Dikatakan dia, nilai UN tidak bisa menjamin bahwa siswa dari sekolah itu berprestasi, namun yang menentukan prestasi siswa saat ini adalah sebrapa banyak siswa itu telah mengikuti Olimpiade sain Nasional (OSN). “sekarang ini acuan prestasi bukan nilai UN, memang UN adalah satu cara pemetaan mutu pendidikan,” jelas Risman.

Lebih lanjut Risman menjelaskan, bukan hanya Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan saja yang tidak mengeluarkan peringkingan nilai UN, akan tetapi Dinas Pendidikan Propinsi hinga pusat tidak mengeluarkan peringkingan nilai UN. “Ya karena pada kenyataanya nilai tertinggi UN tidak menjamin siswa  ketika di SMA,” pungkasnya. (hib/shb)