HEADLINEKESEHATANPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Disiplin Prokes Jadi Kebiasaan Baru Peserta Didik SMPN-2 Bangkalan Pada Masa Pandemi Covid-19

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Sejak dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi Covid-19 peserta didik sudah dibiasanya untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Dan saat ini disiplin dalam menerpakan prokes sudah menjadi kebiasaan baru dikalangan pelajar. Seperti di SMPN-2 Bangkalan, siswa yang masuk ke sekolah langsung menuju tempat pengukur suhu tubuh yang sudah disiapkan oleh sekolah.

Dari pantauan maduranewsmedia.com di SMPN-2 Bangkalan, sebelum siswa datang, tim satgas covid-19 sekolah telah menyiapkan alat pengukur suhu yang ditempatkan didepan pintu gerbang sekolah. tanpa di perintah para siswa yang datang langsung mendekati alat tersebut untuk mengukur suhu tubuhnya, setelah itu siswa menuju tempat cuci tangan dan setelah mencuci tangan siswa langsung masuk ke dalam kelas.    

Ita Salah seorang siswi kelas IX mengaku sudah terbiasa dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) sejak PTM dibuka. “Awak awalnya pada saat pertama masuk kita memang belum terbiasa, sepertinya agak gimana gitu, tapi sekarang sudah biasa, kami biasa pakai masker, mengukur suhu tubu dan mencuci tanagn sebelum masuk ke dalam kelas,” kata Ita, Jum,at (05/11/2021).

Siswi kelas IX yang mempunyai cita-cita menjadi dokter ini mengharapkan agar pemerintah bisa memberlakukan pembelajaran normal seperti biasanya. “Kami menharapkan sekolah jam-nya normal dan masuk seperti biasa, sekarang jam pelajaran-nya kan masih dibatasi,” jelas Ita.

Terpisah Kepala UPTD SMPN-2 Bangkalan, Moh Syafi’i menjelaskan, sampai saat ini SMPN-2 mash memberlakukan pembelajaran tatap Muka dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Disdik Bangkalan. “PTM kita laksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan, seperti kita harus menyiapkan sarana dan prasarana prokes, siswa yang masuk juga dibatasi 50 persen dan didalam kelas tempat duduk siswa diberi jarak,” terang Syafi,i sapaan akrabnya mantan Kepala UPTD SMPN-1 Arosbaya ini.    

Sampai saat ini pelaksanaan PTM di SMPN-2 Bangkalan berlangsung dengan aman. “Alhamdulillah sampai saat ini aman aman saja, tidak ada siswa kami yang sakit,” tuturnya.

terkait dengan vaksinasi Covid-19, Syafi’i mengatakan, bahwa siswa-nya telah melakukan vaksinasi semua,  baik vaksin dosis 1 maupun vaksin dosis 2. “Untuk Vaksin 1  sudah 85 persen dan Vaksin 2 baru 35 persen. insya Allah besok hari Sabtu kita akan adakan vaksin di sekolah,” pungkasnya. (min/shb)