HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Diskominfo Bangkalan Sosialisasikan DBHCT Dengan Kesenian Pertunjukan Rakyat

Bangkalan,maduranewsmedia-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangkalan menggelar sosialisasi tentang Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCT) dan peredaran rokok ilegal dengan kesenian pertunjukan rakyat. “Kami bergiatan ini juga ingin menguat nilai-nilai ekonomi, kita tahu kelompok seni ini termasuk yang paling rentan selama pandemi Covid-19  ini tidak manggung, maka dari itu kami melibatkan mereka untuk menyampaikan misi  sebagai penymapia informasi yang telah ditampilkan dari cerita tadi.” kata  kepala diskominfo Bangkalan , Agus Zain disela sela acara Pertunjukan rakyat DBHCT tahun 2021, di Pendopo Raden Pratanu, Kamis (08/12/2021)

Wabub Bupati Bangkalan, Drs Moh Mohni mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah peredaran rokok ilegal. “Kalau upaya penegakan aturan berkaitan beredar rokok ilegal pemerintah kabupaten Bangkalan bekerja sama dengan KPP bea cukai Madura yang ada di Pamekasan menggelar sosialisasi DBHCT ini,” kata Mohni sapaan akrabnya Wakil Bupati Bangkalan ini.

Dikatakan dia, dalam sosialisasi ini tujuannya untuk memberantas peredaran rokok tanpa cukai atau ilegal. “Dalam sosialisasi ini ada beberapa kegiatan dan semua kegiatan itu mengarah kepada pemberantasan,  penjualan rokok ilegal,” jelasnya.

Sebab kata Mohni,  peredaran rokok ilegal banyak dijumpai dibeberapa desa yang ada di Madura. karena konsumen nya rokok ilegal itu masih ada dan memandang rokok ilegal ini murah penjualan nya, tapi gak ada jaminan soal kualitas rokok itu, dan kita lakukan sosialisai dengan live streaming ini,  mudah-mudahan masyarakat mengikuti apa yang dilaksanakan dalam sosialisasi pada hari ini,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madura, Zainul Arifin menjelaskan, DBHCT dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pemberatasan dan peredaran rokok ilegal. “Sebagai mana kita ketahui dana hasil cukai tembakau yang salah satu nya diperoleh kabupaten Bangkalan digunakan di perbagai hal kegiatan,dan termasuk Salah satunya  disini adalah sosialisai menggunakan seni pertunjukan rakyat,dan sosialisai pertunjukan rakyat ini sebagai salah satu hal yang luar bisa sekali, dan ini menjadi satu-satu nya media sosialisasi berbeda dari kabupaten lain nya, patut menjadi inspirasi dan contoh di kabupaten Madura,” pungkasnya. (edi/shb)