Dispartanak Bangkalan Tingkatkan Populasi Sapi Madura Melalui IB

Kepala Dinas Peternakan Bangkalan, Abdul Razak

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Selama Tahun 2017 Dinas Peternakan (Dispartanak) kabupaten bangkalan telah berhasil membuntingkan 23.609 sapi betina melalui program upaya khusus sapi induk wajib bunting dengan Inseminasi buatan (IB). “Mulai bulan April hingga Desember tahun 2017 sudah 23 ribu sapi betina yang bunting,” kata Kepala dinas Peternakan kabupaten Bangkalan, Abdul Razak, Rabu (3/1/2018).

Dikatakan dia, ribuan sapi betina yang bunting melalui program Upaya khusus sapi induk wajib bunting itu tersebar di 18 kecamatan yang ada di kabupaten Bangkalan. “Yang paling besar atau banyak itu di Kecamatan  Geger, Galis, dan  kecamatan Tanah Merah,” jelas Abdul Razak yang juga mantan Kepala Dinas Perkebunan kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan dia, dalam program upaya khusus sapi induk wajib bunting ini, ada dua jenis populsai sapi yang di  tingkatk melalui IB. “Ada dua jenis sapi yaitu sapi Limosin dan sapi Madura, namun kami lebih intens ke sapi Madura,” terangnya.

Lebih lanjut Abdul Razak menjelaskan, tujuan darui program Upaya khusus sapi induk wajib bunting ini untuk meningkatk populasi sapi. “Programnya ini grtais jadi peternak yang mau menyuntikkan sapinya agar supay ahamil tidak perlu bayar, kalau ngak ada programini mereka harus bayar,” katanya.

Ditambahkan Abdul Razak, target dalam program Upaya khusus sapi induk wajib bunting. sebesar 24 rubu sapi dalam satu tahun. “Alhamdulillah kita sudah melebihi target, karena sejak bulan April hingga Desember tahun 2017 ini sudah 23, 609 sapi yang telah bunting,’” pungkasnya. (hib/shb)

 

iklan 100x100