Diterpa Angin Kencang Satu Rumah Warga Di Kelurahan Mlajah Tertimpa Pohon Sengon

Bangkalan, maduranewsmedia.com- Hujan deras yang di sertai angin kencang di Kelurahan Mlajah kecamatan kota kabupaten Bangkalan yang terjadi Selasa (22/01/2019) sekitar pukul 17 50 wib merobohkan dua pohon Sengon dan menimpa rumah warga serta menutup jalan akses di Kelurahan tersebut. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya pohon Sengon yang roboh melintang di jalan akses dan membuat jalan itu tidak bisa dilewati,” kata Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Bangkalan Rizal Morris AP, Msi, Rabu (23/01/2019).

Dikatakan dia, begitu menerima laporan dari warga, pihaknya langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bangkalan ke lokasi bencana.”TRC BPBD serta Dinas Lingkungan Hidup, Personel dari polres Bangkalan serta Personel dari Kodim 0829/ Bangkalan melakukan pemotongan pohon yang melintang di jalan akses itu,” jelas Rizal panggilan akrabnya Kepala Pelaksana BPBD Bangkalan itu.

Dari jelaskan Rizal, hampir 3 jam lebih, TRC BPBD Bangkalan bersama tim dari DLH, Polres dan Kodim serta masyarakat membersihkan pohon yang tumbang itu.”Pada pukul 21.30 wib, jalan akses yang terhalang pohon, dan jalan akses normal.dan bisa dilintasi,” terangnya.

Ditambahkan Rizal, rumah.warga yang tertimpa pohon Sengon itu miliknya Kholil, namun pemilik rumah selamat. “Alhamdulillah pemiliknya selamat,” katanya.

Lebih lanjut Rizal menjelaskan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan telah menetapkan status siaga darurat banjir dan longsor. “Sejak terjadi cuaca ekstrim pada bulan Desember 2018 lalu kita tetapkan status siaga darurat banjir dan longsor,” tuturnya.

Pada status siaga darurat banjir dan longsor ini kata Rizal, yang dilakukan BPBD bangkalan ini mempersiapakan peralatan, serta memberikan informasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. “Pentapan status siaga darurat banjir dan longsor hingga bulan Pebruari nanti, sambil melihat perkembangan cuaca, dan dalam status siaga darurat ini peralatan kita siagakan untuk mengantisipasi ketika terjadi bencana,” pungkas Rizal.(hub/shb)