HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

DLH Dipusingkan Dengan Masyarakat Yang  Buang Sampah Tidak Pada Tempatnya

Meskipun telah disediakan kontainer sampah, namun masyarakat masih enggan membuang sampah ke tempatnya

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bangkalan dipusingkan dengan masyarakat di kawasan sungai Tambengan kecamatan Arosbaya  yang membuang sampah tidak pada tempatnya. “Kita sudah menempatkan kontainer sampah di situ agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai,” kata Kepala DLH Bangkalan, Hadari melalui Kabid Kebersihan Imam Syafri, Selasa (25/6/2019).

Dikatakan dia, untuk masalah sampah di sekitar sungai Tambengan itu merupakan wewenang pihak kecamatan. “Kita DLH hanya sebatas menaruh tempat sampah di pinggir sungai itu, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang ke sungai,” jelas Imam Panggilan akrabnya Imam Syafri.

Dijelaskan Imam, sebelumnya sekitar 3 bulan yang lalu DLH telah bergotong goyong untuk membersihkan sampah yang ada di pinggir sungai Tambengan itu. kemudian kita tempatkan kontainer sampah, ini dimaksudkan agar masyarakat di sekitar sungai itu membuang sampah pada tempatnya, mak nya kami minta kepada masyrakat agar supaya kontainer sampah itu dijaga, dan kami menghimbau agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya,” terangnya.

Disamping itu kata Imam, pihaknya juga sudah meminta kepada pihak kecamatan Arosbaya untuk menelpon ke operator jika kontainer sampah itu penuh. “Kalau kontainer sampah itu penuh, tinggal menelpon operator, kita langsung angkut sampah itu untuk dibuang ke TPA,” katanya,

Oleh sebab itu lanjut Imam Syafri, untuk masalah sampah di kawasan sungai Tambengan kecamatan Arosbaya tersebut, pihaknya meminta kepada masyarakat setempat untuk komitmen agar supaya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. “Harus ada komitmen dari masyarakat, agar apa yang kita lakukan yaitu gotong royong membersihkan sampah di bantaran sungai Tambengan itu tidak sia-sia,” tuturnya.

Karena imbuhnya, masalah sampah tersebut merupakan tanggung jawab dari Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangkalan. “Saya mempunyai tangung jawab terhadap masalah sampah yang terjadi di kabuoaten bangkalan ini,” pungkasnya.(hib/shb)