Dua Siswi MA Swasta Lebih Memilih Kawin Daripada Ikut UNBK

Kasi PENMA Kemenag Bangkalan, H Abd Hamid

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dua siswi Madrasah Aliyah (MA) swasta di kecamatan Modung kabupaten Bangkalan lebih memilih kawin daripada mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kedua siswi itu berasal dari MA Al Achyariyah dan MA Al Amin Fauzi. “Mau gimana lagi, kalau mereka lebih menikah, budaya madura ini kalau waktunya kawin ya kawin,” kata Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag kabupaten Bangkalan, H Abd Hamid, Selasa (10/4/2018).

Dikatakan Abd Hamid, jumlah peserta UNBK dari MA se kabupaten Bangkalan  awalnya 2.423, namun karena dua orang siswi kawin, maka peserta UNBK  berkurang  menjadi 2.421. “Kalau lembaganya ada 56 lembaga, untuk  penyelenggara UNBK 41 lembaga, ada lembaga MA yang gabung ada yang numpang,” jelasnya.

Dijelaskan Abd Hamid, untuk tahun ini, MA di kabupaten Bangkalan  UNBK semua. “Alhamdulillah, semua MA di bangkalan sudah UNBK semuanya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan, H Moh Ali Wafa menjelaskan, jumlah peserta UNBK di MAN Bangkalan 459 siswa dengan rincian, Siswa MAN Bangkalan 331 siswa dan MA swasta penggabung 128 siswa. “Kita jadikan 5 ruangan dengan 3 sesi,” terang H Moh Ali Wafa.

Ditambahkan dia, pelaksanaan UNBK pada hari pertama hingga hari kedua berlangsung dengan aman dan lancar. “Alhamdulillah lancar semuanya, baik jaringan internet, mapun listrik semuanya normal,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100