HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Gubernur Jatim : Pelaksanaan vaksinasi Dosis Pertama Di Kabupaten Bangkalan Capai 85 Persen

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat memantau pelaksanaan vaksinasi do RSUD Syamrabu Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi dosis pertama di Rumah Sakit Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) dan Puskesmas Seninan kota Bangkalan. “Saat ini capaian Vaksinasi di kabupaten Bangkalan sudah 85 persen, kalau di rumah sakit 100 pasien, di puskesmas 50  pasien, pasti nanti sore capaiannya meningkat lagi,” kata Khofifah usai memantau vaksinasi di Puskesmas Seninan kota di Kelurahan Kemayoran kecamatan kota Bangkalan, Senin (08/02/2021)

Dikatakan, untuk pelaksanaan vaksinasi doss ke dua di kabupaten Bangkalan membutuhkan waktu 2 hari lagi. “Dosis pertama di bangkalan tanggal 28 Januari, ya butuh waktu 2 hari yaitu tanggal 9 dan 10,  berarti tanggal 11 sudah harus di vaksin dosis kedua bagi yang ikut vaksin pada tahap pertama,” jelasnya.

Dijelaskan dia, untuk tahap pertama, dosis pertama di luar Surabaya raya itu tanggal 28 Januari yang lalu. “Tanggal 28 Januari itu diluar Surabaya raya ya, kalau Surabaya, Sidoarjo Gresik dimulai nya tanggal 15 Januari. kalau i diluar itu dimulai nya tanggal 26 januari karena disesuaikan dengan datangnya vaksin dari pusat, kalau tanggal 28 itu vaksinasi pertama, maka sesungguhnya 14 hari setelah itu, dosis kedua  sebaiknya sudah bisa dilakukan,” terangnya.

Sebab kata Khofifah, pemerintah pusat sudah mengingatkan, sesuai data yang masuk, sesuai peruntukannya, sesuai titik distribusikan. “Jadi kita   mengikuti mekanisme yang sudah disiapkan perencanaanya bersama sama antara pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten kota, bahkan tadi pagi ada rapat dengan pak Mendagri, Kemenkes yang juga ada kaitannya dengan proses vaksinasi yang  sedang dievaluasi, masih ada engak yang capaiannya rendah, kenapa dan seterusnya dan seterusnya,” tuturnya. Sampai hari kemarin kata Khofifah, dari Informasi yang diterima drai pemerintah pusat  sudah ada 19 kabupaten/kota yang sudah selesai 100 persen. “Berarti tanggal 10 bisa dimulai vaksinasi dosis kedua,” pungkasnya.(hib/shb)