Guna Simpan Hasil Panen, BKP3 Bangun 10 Unit Lumbung Padi

 

ilustrasi

ilustrasi

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Untuk membantu masyarakat didalam menyimpan hasil Panen, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) akan membangun 10 unit lumbung padi di 7 kecamatan di kabupaten Bangkalan. “Lumbung padi ini sangta bermanfaat bagi petani untuk menyimpan hasil panennya,” kata Kepala BKP3 Bangkalan, Abd Razak melalui Kasubid Pengendalian Harga dan akses Pangan, Didik Yanuardi, Jum,at (19/08/2016).

Dikatakan dia, ke-7 kecamatan yang akan dibangun lumbung padi itu antara lain ; kecamatan Galis, Kamal, Burneh, Tragah, Modung, Konang dan Kokop. “Jadi dengan adany alumbung padi ini kita bisa membantu petani untuk sistem tunda jual,” jelas Didik panggilan akrabnya Didik Yanuardi

Artinya lanjut Didik, pada waktu panenharga hasil panen petani rendah, maka petani bisa menyimpan hasil panennya di lumbung padi tersebut dan pada saat harga tinggi petani bosa menjual hasil panennya yang disimpan dilumbung padi tersebut. ”Lumayan, lumbung padi yang akan kita bangun itu kapasitasnya 10 ton,” terangnya.

Lebih lanjut Didik Yanuardi menjelaskan, anggaran untuk pembangunan lumbung padi di 7 kecamatan itu bersumber dari dana DAK. “Setiap lumbung padi kita anggarkan sebesar Rp 60 juta, dan lumbung padi ini kita bangun di daerah yang rawan pangan dan daerah sentra produksi,” pungkasnya. (hib/shb)

 

iklan 100x100