HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Hanya Alasan Menikah, Siswi MAN Bangkalan Pilih Tak Ikut Ujian Nasional

Kepala MAN Bangkalan, H Fathorrahkman
Kepala MAN Bangkalan, H Fathorrahkman

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– droup out dan tak ikuti Ujian Nasional (UN) masih menjadi momok di sekolah SMA,SMK dan MA di kabupaten bangkalan. Pada UN tahun 2016 ini salah sorang siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) bangkalan drop out dan tidak mengikuti UN hanya karena alasan mau menikah. “satu orang drop out, siswi asal kecamatan Klampis. Dia ngak ikut ujian alasannya karena mau menikah,” kata Kepala Sekolah MAN Bangkalan, H Fathorrahkman disela-sela pelaksanaa UN di MAN Bangkalan, senin (04/04/2016).

Dikatakan dia, sebelum pelaksanaan UN, pihak sekolah sudah mendatangi orang tuanya agar siswi yang bersangkutan bisa mengikuti UN. “Kami sudah berkali-kali memanggil orang tuanya, karena oran tua siswi ini bekerja di Malaysia, kami memanggil pamannya, namun orang tuanya tetap tidak mau,” jelas Pa,ong panggilan akrabnya  H Fathorrahkman.

Lebih lanjut Kepala MAN Bangkalan menjelaskan, jumlah peserta UN di MAN bangkalan sebanyak 327 siswa dari jumlah tersebut 1 orang droup out, sedangkan dari sekolah penggabung ada 457 siswa. Ratusan siswa Penggabung ini dari 27 lembaga MA Swasta Se-kabupaten bangkalan. “Untuk ruangan yang dipakai UN  totalnya 52 ruang di MAN 52, dan 21 ruang kami pinjam di MTsN,” terang mantan Kepala sekolah MTsN bangkalan ini.

Dikatakan Fathorrahkman, pada UN tahun ini, MAN bangkalan belum bisa melaksanakan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) karena MAN belum memiliki komputer. “Kita saat ini hanya memiliki 60 unit komputer, padahal sesuai aturan untuk bisa UNBK harus memiliki 1/3 dari jumlah siswa peserta UN. Kami akan berusaha mengajukan komputer agar pada UN tahun depan bisa UNBK,” pungkasnya. (hib/shb)