Hanya Bermodalkan Rp 4 Juta, Pembudi Daya Ikan Lele Asal Burneh ini, Kini Usahanya Berkembang Pesat

Pembudidaya ikan Lele, Abu Yasid

Bangkalan,maduranewsmedia.com-  Seorang pembudidaya ikan Lele, Abu Yasid S.pd warga dusun Durinan desa Sobih kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan ini terhitung salah seorang pembudidaya ikan lele yang sukses di kecamatan Burneh. Alumni STKIP Bangkalan ini mengawali usahanya dengan modal Rp 4 juta, kini usaha budidaya ikan lele-nya berkembang pesat. “Saya memulai usaha pembibitan ikan Lele pada awal tahun 2019 dengan modal awal Rp 4 juta dengan jumlah indukan 60 ekor,” kata Abu Yasid, S.pd, Sabtu (19/09/2020).

Pada saat awal merintis usaha pembibitan dan pembesaran ikan Lele, Abu Yasid tidak mempunyai keterampilan dalam hal budidaya ikan Lele, namun dengan usaha dan kemauan yang keras, pria yang sampai saat ini masih membujang ini terus belajar masalah budidaya ikan Lele. “Saya sering ikut pelatihan salah satunya saya pernah ikut pelatihan Budi daya ikan Lele di BPPP  Banyuwangi,” jelasnya.

Usaha yang dilakukan Abu Yasid nampaknya tidak sia-sia, dengan 60 ekor indukan Lele, kini usaha budi daya ikan Lele yang ditekuninya terus berkembang,dan ribuan bibit maupun ikan Lele yang dihasilkan setiap bulannya.”Setiap kali saya melakukan pemijahan atau mengawinkan, bisa menghasilkan 10 ribu bibit Lele,”terangnya.

Lele hasil pembibitan yang dilakukan itu, selain dijual dalam bentuk masih bibit juga ada yang di jual ikan lele yang sudah siap dikonsumsi. “Bibit yang saya jual ukuran 3 griding atau 4 cm dengan harga Rp 110 ribu/seribu-nya plus bonus 5 persen, kalau sudah besar umur 4 bulan pengepul mengambil kesini dengan Rp 17, ribu hingga Rp 18.ribu, tapai  kalau saya ngecer saya jual Rp 24 ribu/kg,” tuturnya.

Abu Yasid terus mengembangkan usaha pembibitan dan pembesaran ikan Lele, bahkan saat ini Abu Yasid telah mendirikan kelompok pembudidaya ikan  (Pokdakan) Lele Super Madura (LSM). “Melalui kelompok Pokdakan LSM ini saya berharap pembudidaya ikan Lele bisa maju dan berkembang,” kata Abu Yasid yang juga Ketua Pokdakan LSM ini..

bahkan saat in Abu Yasid tengah mengembangkan makanan olahan yang bahannya terbuat dari ikan Lele. “Mohon do,anya semoga inovasi pembuatan makanan olahan berbahan ikan Lele ini sukses ,” pungkasnya. (hib/shb)