HEADLINEKESEHATANOLAH RAGAPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Hanya Raih Lima Tiket, Pengkab IPSI Bangkalan Tetap Optimis Raih Emas Piala Gubernur

Dua atlet pencak silat kelas B putri ketika berlaga
Dua atlet pencak silat kelas B putri ketika berlaga

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Ambisi  Pengkab IPSI Bangkalan untuk meloloskan sebagian besar atlet andalannya menuju grand final Piala Gubernur 2016 gagal terpenuhi. Pasalnya, dalam laga prakualifikasi Piala Gubernur Bakorwil IV yang dihelat di GOR SAKA, 21 s/d 23 April 2016 lalu, dari total 15 atlet yang diturunkan di 10 kelas katagori tanding (fighting) dan 4 nomor katagori tunggal putra dan putrid, hanya mampu meraih lima tiket menuju grand final Piala Gubernur yang akan digebar 25 s/d 29 Mei 2016 nanti di GOR Sudirman, Surabaya.  “Yah, dalam event prakualifikasi Piala Gubernur wilayah IV itu, kami selaku tuan rumah, memang hanya mampu menempatkan satu atlet di final ketagori tanding kelas D putra dan enam atlet di final katagori tunggal dan ganda putra-putri” kata Ketua Umum Pengkab IPSI Bangkalan, Ir H Abdul Razak,MM, Senin (02/05/2016) Jadi keenam pesilat yang turun berlaga di lima nomor itulah yang bakal menjadi duta Pengkab IPSI Bangkalan dalam putaran grand final Piala Gubernur nanti.

Sesuai technical hand book (petunjuk tehnis) dari Pengprov IPSI Jawa Timur, hanya pesilat yang mampu masuk final prakualifikasi piala Gubernur Bekorwil I,II,III dan Bekorwil IV saja yang berhak mengantongi tiket ke putaran grand final Piala Gubernur.

Keenam atlet pencak silat yang mengantongi tiket menuju putaran grand final Piala Gubernur itu, menurut Razak, adalah pesilat Nafis Fajriyus Zuhur di katagori tunggal putra, Nawal Fara Maduri Putri di katagori tunggal putri, duet Achmad Sudez dan Moh Ivan Alif Kadaffi di katagori ganda putra dan duet Zahita Fauqanurin Zahra dan Faninazila Azzahra Amnurdiant yang bakal turun berlaga di katagori ganda putri.

Sementara satu-satunya tiket untuk katagori tanding, hanya dikantongi oleh atlet Muhammad Dwi Agna yang bakal bertanding di kelas D putra. “Semua atlet yang lolos ke putaran grand final itu berasal dari Perguruan Jokotole,” ungkap Razak.

Di putaran gran final Piala Gubernur nanti, keenam pesilat andalan Pengkab IPSI Bangkalan itu, menurut Razak, akan bertanding melawan para finalis yang lolos melalui seleksi prakualifikasi Piala Gubernur Bakorwil I, II dan Bekorwil IV, yang sudah tuntas dilaksanakan di Kabupaten Magetan, Banyuwangi dan Kabupaten Jombang.

Meski hanya mengantongi lima tiket, Razak tetap optimis diantara enam atlet Bangkalan yang akan turun berlaga di lima nomor itu, akan mampu mempersembahkan medali emas. “Paling tidak, saya optimis atlet kami yang turun di katagori ganda putra akan mampu meraih emas. Syukur kalau bisa lebih,” tegas Razak.

Di putaran grand final nanti, lawan terberat bagi atlet Bangkalan akan datang dari kontingen Penkot IPSI Surabaya, Pengkab IPSI Banyuwangi, Pasuruan, Ponorogo, Sidoarjo,Ngawi  dan Pengkab IPSI Jombang. Atlet mereka, menurut Razak, rata-rata tidak hanya tangguh di nomor katagori tanding, tetapi juga di katagori tunggal dan ganda putra-putri. (Sjam/shb).