Hari Pertama PPDB Jalur Zonasi Tingkat SMA, Sejumlah Sekolah Mash Minim Pendaftar

Salah satu SMAN saat menerima pendaftra jalur Zonasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Hari ini merupakan hari pertama Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) tingkat SMA. Pada hari pertama ini di sejumlah SMA negeri di kabupaten Bangkalan masih minim pendaftar. Sedangkan kuota yang diberikan untuk PPDB jalur Zonasi ini sebesar 50 persen dari  total pagu siswa yang diterima secara keseluruhan..

Dari pemantau yang dilakukan di sejumlah SMA.pada hari pertama PPDB jalur Zonasi ini,  memang masih sepi pendaftar, namun Khusus SMA yang ada diluar kecamatan kota Bangkalan, pihak sekolah sudah menstanby-kan tim untuk membantu siswa yang ingin mendaftar. Hal ini dilakukan bagi siswa atau orang tua yang tidak memiliki sarana internet.

Panitia PPDB SMA Negeri Blega, Masyhuri mengatakan, berdasarkan pengalaman 2 tahun terakhir dalam PPDB banyak siswa yang mendaftar pada  hari-hari  terakhir pelaksanaan PPDB, apalagi PPDB saat ini  dilaksanakan pada masa  pandemi Covid-19. “Kita mengantisipasi dengan memberikan himbauan kepada sekolah SMP, Tsanawiyah yang tidak memiliki akses internet bisa mendaftar secara kolektif. Pendaftaran online dibantu oleh panitia di sekolah. Dengan begitu dapat meminimalisir penyebaran covid 19,” kata Masyhuri, Senin (22/06/2020).

Sementara di SMAN-1 Kwanyar, pendaftaran siswa baru melalui jalur zonasi di hari pertama kuotanya sudah terpenuhi. “Alhamdulillah di SMAN 1 kwanyar untuk pendaftaran jalur zonasi sudah terpenuhi,” jelas Kepala SMAN-1 Kwanyar, Sasongko

Terpisah Kasi SMA, PKLK, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bangkalan, Moh Fauzi menjelaskan, dari pantauan yang dilakukan, ada beberapa sekolah yang kuotanya PPDB jalur Zonasi sudah terpenuhi.  “Sudah ada beberapa sekolah PPDB jalur zonasi kuotanya sudah terpenuhi sesuai dengan ketentuan yaitu 50 persen, sehingga apabila ada siswa yang lebih dekat dengan sekolah mendaftar maka otomatis siswa yang terjauh akan tergeser oleh sistem,” terang Fauzi sapaan akrabnya Kasi SMA, PKLK, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bangkalan.

Dijelaskan Fauzi,  untuk Pendaftaran PPDB jalur zonasi akan ditutup pada tanggal 24 Juni 2020 dan selanjutnya  akan dibuka PPDB  jalur prestasi raport. “Jalur prestasi raport ini bisa digunakan oleh siswa yg tdk  diterima jalur zonasi yang sudah mendapatkan pin,” pungkasnya. (hib/shb)