Hari Terakhir Operasi Zebra, Para Pelanggar Lalin Diberi Wejangan Ustad

Ustad Mohammad Khori Saat memberikan wejangan kepada para pelanggar lalin

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pada hari terakhir pelaksanaan Operasi Zebra, Satlantas Polres Bangkalan menggelar operasi gabungan di jalan Jendral A Yani kota Bangkalan, dalam operasi tersebut selain melaksanakan sidang ditempat, para pelanggar juga diberi wejangan oleh Ustad yang diundang khusus untuk mengedukasi masyarakat Bangkalan. “Ustad ini sengaja kita undang untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, memberikan petuah-petuah dan wejangan agar selalu menjaga keselamatan di jalan,” kata Kasatlantas Bangkalan,  AKP Danu Anindhito Kuncoro Putro,  SIK, usai memimpin  Operasi Zebra, Senin (12/11/20`8).

Dikatakan dia, dengan diberi wejangan oleh Ustad, diharapkan para pelanggar sadar akan pentingnya keselamatan di jalan raya. “Kita berharap wejangan dan petuah yang disampaikan oleh ustad bisa memberikan kesadaran kepada para pelanggar yang terjaring dalam operasi zebra. Jadi sebelum mereka sidang ditempat, mereka diberi wejangan dulu,” jelas Danu panggilan akrabnya Kasatlantas Bangkalan ini.

Selain mengundang Ustad kata Danu, pada operasi Zebra di hari terkahir ini, pihaknya juga melaksanakan sidang ditempat. “Ya sidang ditempat ini untuk memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan proses persidangannya,” terangnya.

Ditambahkan Danu, dalam opersai Zebra yang digelar bersama Steak Kholder antara lain dengan, Pengadilan Negeri Bangkalan, Kejaksaan Negeri, Dishub dan  POM ini, para pelanggar yang terjaring dalam operasi langsung sidang ditempat. “Dalam Opersai Zebar hari terakhir ini, para pelanggar langsung sidang ditempat, sementara pengendara yang lengkap diberi Pin dan Stiker,” tuturnya.

Operasi Zebra yang sudah digelar selama 13 hari ini imbuh Danu, ada  2.100 pelanggar yang terjaring. “Yang paling dominan itu adalah anak dibawah umur memakai kendaraan  roda dua, dan pelanggar yang tidak memakai helm, kita tahu sendiri kan kesadaran masyarakat masih rendah terhadap pentingnya helm,” katanya.

Sementara itu, Ustad Mohammad Khori yang dkiundang untuk memberikan wejangan terhadap para pelanggar yang terjarin dalam operasi Zebra itu mengatakan, materi yang disampaikan kepada para pelanggar itu adalah masalah keselamatan di jalan. “Ya kita sampaikan kepada mereka agar tidak menerobos lampu merah, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” kata Ustad Mohammad Khori.

Sebab kata dia, keselamatan di jalan raya itu tidak hanya untuk pengendara saja, akan tetapi bagaimana orang lain bisa selamat. “Makanya kita meminta kepada para pelanggar yang terjaring dalam operasi Zebra untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” pungkasnya. (hib/shb)