Hijaukan Kawasan Desa TMMD, DLH Bantu 2 Ribu Bibit Pohon

Kepala Bakorwil Pamekasan, Alwi M Hum saat menanam bibit pohon di acara pembukaan TMMD

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk melakukan penghijauan di kawasan desa yang ditempati kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di kecamatan Konang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bangkalan memberikan bantuan 2 ribu bibit pohon dari berbagai jenis. “Bantuan bibit pohon itu kita berikan pada saat pembukaaan TMMD kemarin,” kata Kepala DLH Bangkalan,Ishak Sudibyo melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL), Mohammad Nasir, Ahad (21/10/2018)

Dikatakan dia, 2 ribu bibit pohon yang diberikan kepada masyarakat  desa Durin Timur itu terdiri dari pohon jenis Mahoni,  Akasia,  Kluwek, Sukun dan bibit pohon Nangka. “Bibit pohon ini agar supaya ditanam untuk mempertahankan sumber mata air, apalgi di kawasan desa Durin Timur dan desa –desa di kecamatan Konang termasuk daerah rawan air,” jelas Mohmmad Nasir.

Sebab kata Nasir panggilan akrabnya, dengan adanya penghijauan ini mata air yang ada tidak akan hilang.”Pohon kan bisa menampung air, semakin banyak pohon ditanam, maka semakin banyak mata air akan terjaga dan terlindungi,” terangnya.

Ditambahkan Mohammad Nasir, selain di kecamatan Konang, daerah rawan air yang harus dilakukan penghijauan antara lain; kecamatan Kokop,  Klampis,  Sepuluh,  Tanjung bumi,Galis dan kecamatan Tanah Merah. “Jadi daerah daerah yang rawan air. itu  memang butuh penghijauan untuk mempertahankan sumber mata air,” tuturnya.

Selain di daerah rawan air bersih kata Nasir, di daerah bekas penambangan juga perlu dilakukan penghijauan.”Daerah bekas tambang juga bisa dijadikan lahan penghijauan,  agar tidak terjadi longsor,  seperti bekas daerah tambang di kecamatan Tragah dan kwanyar, serta  di desa Alas Kembang  kecamatan Burneh. Penghijauan di daerah daerah bekas penambangan  itu untuk menahan longsor, karena tanah di kawasan itu kan rusak semua,” pungkasnya.(hib/shb)

 

 

iklan 100x100