Ini Kata Para Kasek Soal Penyediaan Genset Pada Saat UNBK

Kasek SMPN-4 Bangkalan, Herman Setiawan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Penyediaan Genset untuk mengantisipasi listrik padam pada saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mempunyai pemahaman yang berbeda bagi para Kepala sekolah (Kasek). Pada pelaksanan UNBK SMP, ada Kasek yang menyiapkan Genset ada yang sama sekali tidak menyediakan Genset. “Saya menyiapkan Genset berkapasitas 20 ribu What untuk mengantisipasi kalau listrik padam,” kata Kasek SMPN 4 Bangkalan, Herman Setiawan, Selasa (23/04/2019).

Dikatakan dia, meskipun pada UNBK tahun ini SMPN-4 Bangkalan tidak menggunakan komputer tapi sudah menggunakan Lap top semua, namun pihaknya tetap menyediakan Genset. “Kalau memakai Lap top, meskipun listrik padam, lap Top kan tetap hidup, namun saya tetap meyediakan Genset untuk mengantisipasi jika listrik padam,” jelasnya.

Hal berbeda dilakukan oleh kasek SMPN-1 Bangkalan, Anwari Anwar, di SMPN-1, pihaknya tidak menyediakan Genset. “Saya tidak menyiapkan Genset, meskipun listrik padam, kita butuh waktu untuk menghidupkan genset itu,” terang Anwari Anwar.

Dijelaskan Anwari Anwar, SMPN-1 Bangkalan tidak menyiapakn Genset karena sudah ada kesepakatan dengan Proktor. “Resiko menggunakan Genset ini sangat besar, bisa-bisa Lap top atau komputer jebol,makanya kami tidak menyediakan Genset,” tuturnya.

Hal yang sama juga dilakukan Kepala SMPN-2 Bangkalan, Edy Hariadi, pada pelaksanaan UNBK tahun ini, SMPN-2 bangkalan tidak menyiapkan Genset. “Karena kita sudah MoU dengan PLN, maka kami tidak menyediakan Genset,” jelas Edy panggilan akrabnya Kasek SMPN-2 Bangkalan ini.

Ditambahkan Edy, Genset sangat berbahaya kepada komputer kalau tidak di set dengan benar” “Kalau tidak di set dengan baik, akan banyak komputer dan lap top yang rusak, berbeda dengan Genset yang ada di Bank dan di perusahaan besar yang memang sudah di Setting,” ujarnya. “

Sementara Kasek SMPN-3 Bangkalan Machsusiah, memilih tetap menyiapkan Genset untuk mengantisipasi jika listrik padam. “Hingga hari kedua ini masalah Listrik aman, namun kami tetap menyediakan Genset untuk mengantisipasi kalau listrik padam. Ya semoga ngak sampai ada pemadaman listrik,” pungkasnya. (hib/shb)