TERKINI

Ini Penjelasan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan Soal Pasien Ke-4 Positif Covid-19

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Setelah diumumkannya TR (20) pasien positif covid-19 asal Kabupaten Bangkalan melalui website infocovid19.pemprovjatim.go.id pada Hari Minggu, tanggal 12 April 2020 pukul 17.00 WIB.Pasien, maka jumlah warga kabupaten Bangkalan yang positif Virus Corona (Covid-19) berjumlah 4 orang. “TR  tinggal di salah satu perumahan di Kecamatan Kota Bangkalan bekerja di Surabaya dan dilaju setiap hari Bangkalan-Surabaya PP, kata humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Agus Zain dalam keterangan pers, Senin (13/04/2020)

Dikatakan dia, karena merasa sakit pada tanggal 22 Maret 2020 pasien pulang ke desa asalnya di Kecamatan Socah kabupaten Bangkalan dan menjalani rawat inap di Puskesmas Socah selama 2 hari mulai tanggal 22 sampai 24 Maret 2020.”Karena belum sembuh, pasien pulang kembali ke Bangkalan dan berobat ke salah satu dokter umum dengan hasil diagnose tuberculosis serta mendapat surat rujukan ke RSUD. dan. Dokter yang mengobati pasien tersebut sudah melakukan rapid tes mandiri dengan hasil Negatif,” jelas Agus sapaan akrabnya Humas Gugus Tugas Covid-19 yang juga Kadiskominfo kabupaten Bangkalan ini..

Dijelaskan Agus, Pada tanggal 29 Maret 2020 pasien datang ke UGD RSUD, setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 3 jam pasien minta pulang paksa sebelum masuk kamar rawat inap tidak dijelaskan alasan kenapa minta pulang paksa, kemudian Pada tanggal 3 April 2020 pasien diantar ke RS M di Surabaya oleh keluarga karena menganggap pasien mengalami depresi. “Nah pada tanggal 6 April 2020 petugas surveilans mendapatkan informasi bahwa seorang pasien yang dirawat di RS M Surabaya asal Bangkalan positif hasil rapid tes,” terangnya..

Ditambahkan Agus, pada tanggal 7 April 2020 petugas surveilans Puskesmas Bangkalan menelusuri ke rumah pasien dan meminta seluruh keluarga melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, kemudian pada tanggal 12 April 2020 hasil Laboratorium Litbangkes Jakarta bahwa pasien atas nama TR asal Bangkalan positif covid19 diumumkan melalui website.

Pada tanggal 13 April 2020 kata Agus, tim Dinkes Kabupaten Bangkalan dan Puskesmas Socah melakukan tracing ke seluruh keluarga pasien sebanyak 12 orang di Kecamatan Socah untuk dilakukan rapid tes. “Berdasarkan informasi dari keluarga posisi pasien sampai saat ini menjalani isolasi dan perawatan di RS M Surabaya,” katanya..

Dengan bertambahnya pasien positif covid19 asal Bangkalan menjadi 4 orang, lanjutnya, pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Gugus Tugas Covid 19 menyampaikan kepada seluruh masyarakat : Pertama, mengimbau agar tetap berada di dalam rumah dan tidak melakukan perjalanan kemanapun. Apabila ada keperluan yang sangat mendesak di luar rumah pakailah masker, dan jika keperluan sudah selesai segera kembali ke rumah, jangan lupa cuci tangan pakai sabun hingga bersih.

 Kedua, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersatu padu memberantas covid19. Melalui kerjasama dan gotong royong disertai do’a kepada Allah SWT, kita berharap bahwa seluruh masyarakat akan mampu memberantas wabah covid-19. (hib/shb)