HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Inilah Korban Penumpang KM Mutiara Sentosa 1 Yang Terbakar Di Perairan Masa Lembu Sumenep

ilustrasi

Sumenep, maduranewsmedia.com- Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa 1 juruasan Surabaya-Balikpapan yang terbakar , pada kordinat 05°33.01 S – 114° 34.25 E (3 NM timur laut pulau Masalembu Sumenep Pada hari Jumat, tgl 19 Mei 2017 pukul 18.00 Wib, kini  186 orang penumpang saat ini berada di KM Dharma Kartika dalam perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berangkat dari. Kapal tersebut berangkat dari  Masalembu pukul 12.30 Wib dan diperkirakan sampai di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 21.00 Wib.

Berdasarkan rilis dari Polres Sumenep, ada 3 orang penumpang  sempat dirawat di Puskesmas Masalembu, 2 orang (Nahkoda dan ABK) berada di Syahbandar Masalembu dan  2 orang tadi malam telah dibawa oleh KM Meratus menuju Pelabuhan Makassar Sulsel.

Dalam laka laut tersebut, ada sebanyak 5 orang korban yang meninggal dunia (MD), mereka adalah: Bambang,  (47)  pekerjaan supir truk, warga  Dusun Kandangan Rt.01 Rw.01 Ds. Terongbangi  Kecamatan Cerme Kabupaten  Gresik, Jatim. . Achmad Sofyanto alias Yusuf, (25), pekerjaan kernet ekspedisi, warga Desa. Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten  Grobogan, Jateng. Prasetyo alias Prayit, (29) tahun, pekerjaan TNI, warga Banyuwangi, Jatim, Supri,  (30), pekerjaan karyawan ekspedisi, alamat Jalan Perak Timur Surabaya, Jatim. Dan  Mr. X.

3 (tiga) orang korban selamat yang sempat dirawat di Puskesmas Masalembu bersama 5 (lima) korban MD telah dibawa Tim Basarnas menuju Surabaya dengan menggunakan kapal KN 225. Sementara untuk posisi terakhir kapal KM Mutiara Sentosa 1 yang terbakar dikandaskan 1,5 mil timur laut pulau Masalembu.

Diduga awal terjadinya kebakaran bermula di CarDeck dan saat kejadian api cepat membesar dan tidak bisa di padamkan dengan Apar dan Sprinkle, mengetahui hal tersebut Nahkoda kapal telah memerintahkan “Abandon Ship” / meninggalkan kapal. POB dan ABK langsung menyiapkan sekoci dan liferaft sebagai tindakan sesuai SOP dan langsung mengamankan para penumpang.

Hasil koordinasi dengan Tim SAR Provinsi Jatim yang ditindaklanjuti dengan meluncurkan KN SAR 225 dan 220 dari Surabaya menuju TKP. Secara kebetulan sedang melintas KM Meratus Makasar dari Surabaya menuju Makasar dan telah membantu mengevakuasi 2 orang korban yang selamat.

Adapun penumpang kapal Mutiara Santosa 1 berjumlah 198 orang ( 37 Crew ABK dan 161 Penumpang).
Korban yang selamat sejumlah 193 orang (rls/shb)