HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Inilah Pengakuan Kepala Bappemas dan Pemdes Soal Rekruitmen Pendamping Desa

Kepala Bappemas dan Pemdes kabupaten Bangkalan, Ismet Effendy
Kepala Bappemas dan Pemdes kabupaten Bangkalan, Ismet Effendy

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- Banyaknya pendamping desa yang tidak memahami persoalan ternyata berawal dari masalah rekruitmen itu sendiri, pengakuan mengejutkan terlontar dari Kepala Bappemas dan Pemdes kabupaten Bangkalan, Ismet Effedy. Dalam soal rekruitmen pendamping desa ternyata Bappemas tidak pernah dilibatkan oleh Bappemas Propinsi dalam rekruitmen tersebut. “Diundang aja kita ngak pernah, Bappemas dan Pemdes kabupaten hanya disuruh mengumumkan seleksi pendamping desa saja,” kata Isme Effedy, Jum,at (11/03/2016).

Dikatakan dia, sementara untuk masalah seleksi dan penentuan kelulusan dalam rekruitmen  pendamping desa itu yang menentukan adalah Bappemas dan Pemdes Propinsi Jatim.”Jadi semua yang menentukan soal pendamping desa itu ya Propinsi,”

Lebih lanjut Ismet Effendy menjelaskan, untuk pendamping desa itu berjumlah 3 orang yang 2 orang memanfaatkan eks tenaga PNPM dan 1 orang direkruit melalui rekruitmen pendamping desa. “Pendamping desa itu 3 orang,” katanya.

Namun kata Ismet setiap kecamatan jumlah pendamping desa-nya tidak sama tergantung jumlah desa yang ada di kecamatan tersebut. “Perkecamatan pendamping desanya bisa 5 orang, sementara untuk tingkat kabupaten 6 orang tenaga ahli,” pungkasnya. (hib/shb).