Inilah Rahasianya Siswi SMPN-1 Bangkalan Peraih Nilai UN Tertinggi Se-jatim

Reni Rohania Hidayati, Peraih nilai tertinggi UN se Jatim
Reni Rohania Hidayati, Peraih nilai tertinggi UN se Jatim

 

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Senyum sumrigah terpancar dari bibir siswi SMPN-1 Bangkalan Reni Rohania Hidayati, putri kembar pasangan Imam Syafi’i  dan Suihartatik warga kampung Pa ajeman Kelurahan Demangan kecamatan kota kabupaten bangkalan Madura, jawa Timur, yang meraih nilai tertinggi  Ujian Nasional  (UN) SMP tahun 2015 dengan nilai UN  39,80. Apa sebenarnya rahasianya sehingga putri kembar ini menjadi peraih tertinggi UN se Jatim ?

Sementara adiknya Rena Sukmania Rachmawati  yang juga siswi SMPN-1 Bangkalan meraih nilai UN 38,50. “Saya ngak menyangka kalau saya memperoleh nilai tertinggi UN se Jatim, seperti mimpi,” kata Reni panggilan akrabnya Reni Rohania Hidayati, Rabu (10/06/2015).

Siswi SMPN-1 kelahiran kelahiran tahun 2000 ini mengaku tidak pernah belajar khusus dalam menghadapi UN, ia belajar seperti biasa, namun selama dia tidak pernah telat melasanakan solat malam dan belajar pada waktu dini hari. “Ngak belajar khusus, namun saya sering belajar dini hari jam 3 setelah melaksanakan solat tahajud, karena belajar pada waktu dini hari  itu lebih tenang dan cepat hafal,” tuturnya.

Dijelaskan Reni begitu pada hari-hari biasa, ia kadang-kadang belajar pada waktu dini hari. “kalau pada hari-hari biasa,  ya kadang-kadang saya belajar dini hari, kalau selama UN memang tiap hari belaja dini hari,” kata Reni.

Dikatakan dia, setelah lulus dan menerima ijasah dari SMPN-1 Bangkalan dirinya akan melanjutkan belajar ke SMAN-1 Bangkalan. “Saya akan  melanjutkan ke SMAN-1 dan saya sudah diterima melalui PMDK,” katanya.

Suhartatik ibunya Reni mengaku tidak ada arahan khusus, namun Suharttaik selalu  mendukung kepada keinginan kedua putri kembarnya itu. “Saya hanya menyarankan apa saran dari guru-gurunya di perhatikan benar-benar. Kalau  perasaan saya ya senang dan terharu,” tutur suhartatik

Kepala Sekolah SMPN-1 Bangkalan, Anwari Anwar menilai siswinya yang meraih nilai tertinggi UN se Jatim itu anaknya lebih khusuk dan lebih pintar dari saudara kembaranya Rena. “Reni ini memang lebih pinter  dab lebih khusuk dari rena. Si Reni ini solat Tahajutnya ngak pernah telat dan puasa setiap hari,” kata Anwari Anwar.

Dijelaskan Anwari Anwar, siswi kembar Reni dan Rena ini  selama belajar di SMPN-1 bangkalan ini selalu kompak dan aneh. “Kalau satunya ngak masuk, saduaranya juga ikut ngak, misalnya Rena sakit ngak masuuk, si Reni juga ikut ngka masuk juga, tapi sejak dari SD dua nak ini selalu berprestasi, kalau Reni prestasinya 1 Rena-nya meraih prestasi urutan 2,” tuturnya

Ditambahkan Anwari Anwar di SMPN-1 Bangkalan, siswi kembar ini kelasnya berbeda. “kalau Reni kelas IX -A dan Rena IX-H,” katannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Moh Mohni melalui Sekretaris  Bambang Budi. Mustika, mengaku bangga dengan pestasi tertinggi se jatim yang diraih siswi SMPN-1 bangkalan. “Alahmdulilah ini hasil kerjsama guru, namun tolak ukur prrestasi ini bukan dari hasil UN, tapi OSN. Untuk UN SMPN tahun ini  peringkat 1 dan 2 UN se-Jatim  di raih SMPN-1 peingkat 3 di raih SMPN Madiun, peringkat 4 dan 5 siswa SMPN-1 Bangkalan, peringkat ke 6  SMPN- 5  Bangkalan peringkat ke 7 diraih siswa SMPN-2 Bangkalan dan peringkat 8 dan 9 SMPN-1 Bangkalan. Jadi 10 besar nilai tertinggi UN se-Jatim diraih SMPN Bangkalan,” pungkasnya. (hib/shb)