Intensitas Hujan Tinggi, Sejumlah Dusun Di Kecamatan Arosbaya Terendam Banjir

Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris Bersama Kapolres bangkalan dan dandim saat memantau daerah terdampak yang paling parah bencana Banjir di Arosbaya

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Intensitas hujan yang cukup tinggi yang terjadi di kecamatan Geger kabupaten Bangkalan  pada hari Selasa kemarin, menyebabkan dua dusun ke desa Arosbaya kecamatan Arosbaya tererendam air. “Penyebab banjir di Arosbaya ini karena hujan yang ckup deras tadi malam, dan juga disebabkan adanya kirimian air dari kecamatan Geger,” kata Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan, Rizal Morris saat memantau bencana Banjir di kecamatan Arosbaya, Rabu (26/02/2020)

Dikatakan dia, dari pemantauan  yang dilakukan bersama Kapolres Bangkalan, Dandim 0829/bangkalan, ada dua dusun di desa Arosbaya yang rumahnya tergenang banjir.. “Di Dusun Morlorong ada 100 Kepala Keluarga dan di dusun Ranggujeng ada 100 KK, dua dusun itu merupakan daerah terdampak yang paling parah dan hanya terjadi genangan biasa, “ jelas Rizal panggilan akrabnya Kepala BPBD Bangkalan ini.

Dijelaskan Rizal bencana banjir yang terjadi di kecamatan Arosbaya tersebut tidak sampai menganggu aktivitas warga. “Ketinggian air pada pagi hari sekitar 40 CM dan tidak sampai menganggu aktivitas masyarakat, seperti pasar tetap buka, anak-anak tetap pergi ke sekolah dan aktivitas lainnya,“ terangnya.

Ditambahkan Rizal, kondisi air di kecamatan Arosbaya sudah surut baik di pemukiman warga maupun di jalan-jalan raya. “Alhamdulillah tidak ada korban terdampak, sampai siang ini didua dusun air sudah mulai surut,” tuturnya.

Dalam bencana banjir yang terjadi di kecamatan Arosbaya itu kata Rizal, BPBD tidak mengeluarkan bantuan. “Ya tidak mas,kita tidak sampai mengeluarkan bantuan dan mendirikan dapur umum karena  warga terdampak masih bisa melakukan aktifitas memasak dan aktifitas lainnya seperti biasa,” katanya.

Kepala BPBD kabupaten Bangkalan ini mengharpakan, mudah-mudahan di kecamatan Arosbaya dan kecamatan Geger tidak turun hujan lagi. “Ya meskipun turn hujan, semoga intensitasnya tidak tinggi seperti kemarin,” pungkasnya.(hib/shb)