HEADLINEMEDURREH ONGGUPERISTIWATERKINI

Jelang Bulan Romadhan, Warga Desa Langkap  Gelar Tradisi Bersih-Bersih Kuburan

masyrakat saat membersihkan kuburan
masyrakat saat membersihkan kuburan

Bangkalan, maduranewsmedia.com– menjelang bulan suci Romadhan banyak masyarakat di kabupaten Bangkalan  melaksanakan tradisi yang dilakukan sejak turun temurun, salah satu tradisi menjelang bulan suci romadhan yang dlakukan oleh warga desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan adalah tradisi bersih-bersih dikuburan. Setiap menjelang datangnya bulan suci  Romadhan para pemuda dan orang membersihkan kuburan umum secara bersama-sama.

Setelah kuburan umum itu sudah bersih, kemudian dilanjutkan dengan hotmil al-qur,an dan tahlil, dimana pembacaan-pembacaan alqur’an itu pahalanya  dihadiahkan kepada almarhum yang dikubur di kuburan umum tersebut. “Biasanya para ahli waris yang orang tuanya dikubutr disini besok saat hotmil qur’an dan acara tahlil datang semua,” kata pengurus kuburan umum, Mutayyam, Sabtu, (04/06/20160).

Dikatakan Mutayyam, tradisi bersih-bersih kuburan menjelang bulan suci Romadhan itu telah dilkaukan secar aturun temurun di desanya. “Ya setiap menjelang bulan Romadhan, membersihkan kuburan ini kmai lakukan secara rutin, kami mengajak para ahli waris yang orang tuanya didikubur di makbaroh ini,” katanya.

Salah seorang pemuda desa Langkap Helmi mengaku ikut tradisi membersihkan kuburan itu, karena orang tuanya di kubur di pemakaman umum tersebut. “Kuburan yang saya bersihkan ini merupakan mendiang kuburan kakek saya,”  kata Helmi.

Dikatakan Helmi, dirinya setiap tahun tidak pernah absen untuk mengikuti tradisi bersih-bersih kuburanmenjelang bulan Romdahan ini. “Alhamdulillah setiap tahum saya selalu ikut tradisi ini,” pungkasnya. (hib/shb)