HEADLINEPERISTIWATERKINI

Jelang Bulan Suci Romadhan 1443 H, Harga Sembako Merangkak Naik

Bangkalan, maduranewsmedia.com– menjelang bulan suci Romadhan 1443 H harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasar tradisional merangkak naik. Kenaikan harga yang paling signifikan adalah daging ayam. Saat ini mencapai Rp 40 ribu/kg. Selain daging ayam, kenaikan  Harga juga terjadi di sejumlah di komunitas diantaranya : telur, cabe, bawang putih cabe rawit dan cabe rawit.

Kadis Perdagangan, Roosli Hariyono dikonfirmasi melalui Kasi pengadaan dan penyaluran, Siti Fitriyah membenarkan adanya kenaikan harga sembako menjelang bulan suci Romadhan. “Dari pemantain harga yang kami lakukan di pasar Bancaran dan pasar Ki Lemah duwur, harga daging ayam tembus Rp 40 ribu/kg, padahal 2 hari lalu harga daging ayam masih Rp 32 ribu/kg, ” Kata Pipit sapaan akrabnya Siti Fitriyah, Kamis (08/04/2021)

Dikatakan dia, terjadinya kenaikan harga daging ayam disebabkan adanya pengurangan jatah dari distributor ke pedagang. “Pedagang daging ayam yang biasanya dijatah 100 kg dikurangi 20 kg oleh distributor” Jelas Pipit.

Dijelaskan Pipit, selain karena adanya pengurang jatah dari distributor ke pedagang, penyebab lainnya karena menjelang bulan suci Romadhan. “menjelang bulan puasa, masyarakat banyak yang memborong daging ayam selamatan, ” terangnya.

Selain daging ayam kenaikan harga juga terjadi pada komudintas lainnya, antara lain : harga telur ayam buras dari harga Rp 21 ribu/kg naik menjadi Rp 22 ribu hingga ada Rp 23 ribu/kg, Bawang putih dari Rp 24 ribu/kg naik menjadi Rp 26 ribu/kg, Cabe rawit dari Rp 60 ribu/kg naik menjadi Rp 70 ribu hingga Rp 75 ribu/kg dan Cabe besar dari Rp 40 ribu/ naik menjadi Rp 42 ribu hingga Rp 50 ribu/kg. “Meskipun harga naik namun  Stok barang aman selama bulan Romadhan, ” Pungkasnya. (hib/shb)