Jelang Lebaran Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pamekasan Beri Vitamin Kepada Hewan Kurban

Petugas saat memberikan vitamin

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com -Menjelang lebaran idul adha Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten pamekasan melakukan pemeriksaan terhadap sapi di pasar hewan Keppo Larangan Pamekasan, untuk  memastikan jika hewan yang dijual terbebas dari penyakit dan layak dijadikan hewan kurban. dalam kesempatan itu juga petugas memberikan vitamin untuk mencegah penyakit pada hewan selama dalam perjalanan dari pasar sampai ke tempat tujuan. Rabu (30/8/2017).

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan kabupaten Pamekasan melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban di pasar keppo larangan. pemeriksaan hewan kurban ini meliputi kesehatan tubuh hewan hingga mulut, serta umur yang sudah mencukupi untuk dilakukan penyembelihan saat lebaran idul adha nanti.

Kondisi kesehatan hewan kurban diperiksa, mulai dari suhu tubuh kulit hingga gigi hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penyakit pada hewan kurban sehingga hewan kurbanaman untuk dikonsumsi manusia. ‘”Sapi saya dijamin sehat, ini tadi disuntik biar sehat dan nafsu maka,’’. kata Buran pedagang sapi

Pemeriksaan terhadap hewan kurban ini, tidak hanya dilakukan di pasar-pasar hewan namun juga dilakukan pada para pengepul hewan kurban. Meskipun tidak ditemukannya penyakit yang berbahaya, namun tim kesehatan hewan (keswan) dinas ketahanan pangan dan peternakan kabupaten pamekasan, tetap memberikan vaksin terhadap hewan kurban

menjelang hari raya idul kurban rutin dilakukan pengobatan gratis dan pemeriksaan hewan kurban apakah layak atau tidak untuk diperjual belikan, yang dijual untuk kurban harus sapi jantan dengan umur minimal 2 tahun atau gigi tanggal satu. “Jika ada penyakit terkala transportasi kita bisa membantu pengobatannya entah itu pincang atau luka pada kaki  dan badan, rata-rata sapi yang dijual khusus kurban sudah memenuhi syarat, para peternak sudah tahu bagaimana ketentuan hewan untuk kurban, dan sekarang hewan betina untuk kurban sudah menurun dan dikhususkan untuk jantan, peternak ada yang menolak untuk disuntik, untuk vitamin untuk kesehatan sapi selama dalam perjalanan agar tidak stress dan sampai ditujuan tetap sehat,” Kata Drh Taufiqurahman..

Selain Melakukan Pemeriksaan Dan Memberikan Obat Secara Gratis,Petugas Kesehatan Hewan Juga Memberikan Penyuluhan Kepada Para Pedagang Untuk Menjaga Kebersihan Kandang, Agar Hewan Yang Dijualnya Jauh Dari Penyakit Dan Menghasilkan Daging Yang Berkualitas. (rhm/shb)

 

iklan 100x100