Jelang Pengembalian Santri, Dinkes Bangkalan Berikan Paket Kesehatan Kepada Seluruh Ponpes Di Bangkalan

Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) di lingkungan Pondok pesantren menjelang kembalinya santri yang pulang dari kampung halamannya, dinas kesehatan akan memberikan bantuan paket kesehatan yang berisi tempat cuci tangan, masker, hand sanitizer dan thermo gun. “Besok paket ini akan diserahkan secara simbolis oleh pak bupati, selanjutnya paket ini akan didistribusikan kepada selutuh Ponpes yang ada di kabupaten Bangkalan,” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, H Sudiyo, Kamis (11/6/2020).

Dikatakan dia untuk pengembalian santri ke pondok pesantren di kabupaten bangkalan akan dimulai pada tanggal 13 Juni. “Pemberian paket ke Ponpes i i adalah peran gugus tugas Covid-19 atau pemeritah kabupaten bangkalan untuk memutus mata penyebaran virus Corona (covid-19), jelas Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini.

Dijelaskan Yoyok, dari data yang ada ada sebanyak 159 ponpes yang akan menerima bantuan paket kesehatan tersebut “Dari  catatan kami ada 159 ponpes di seluruh kabupatan yang harus kami sediakan paket. Dan untuk tehnis pendistribusian paket ini secara  tehnisnya akan kita atur apakah ponpes yang mengambil atau apakah kita kita yang mengantarkan,, kita lihat kemudian, yang jelas barang-nya sudah kita siapkan,” tuturnya.

Jadi kata Yoyok, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (covid-19) ini, pondok pesantren yang ada di kabupaten bangkalan bisa berpatisipasi dengan cara menerapkan protokol kesehatan pada pengembalian santri nanti. “Harapan kami tidak hanya ponpes, namun semua masyarakat di bangkalan ikut berpartisipasi untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan itu. Sebab sebaran covid-19 di bangkalan ini  kedepan tidak cendrung naik, tetapi stagnan dan habis,” pungksanya. (hib/shb)