Jelang Pilkades Serentak Disdik “Banjir” Legalisir Ijasah

Sekretaris Disdik Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika
Sekretaris Disdik Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika

Bangkalan, Maduranewsmedia.com–  Menjelang Pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Bangkalan yang akan digelar pada tanggal 15 Juni 2015, banyak calon Kepala desa yang meminta legalisir ijasah ke Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan. Namun dalam lelegalisir ijasah ini, Disdik bersikap hati-hati. “Memang banyak calon Kades yang meminta legalisir ijasah ke sini (Disdik), namun dalam melegalisir ijasah ini kami tetap berpedoman ke Permendibud  No 29 tahun 2014,” kata Sekretaris Disdik Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Selasa (02/06/2014).

Dijelaskan dia, dalam permedikbud N0 29 tahun 2014 tentang pengesahan foto copy ijasah itu telah diatur dengan jelas. “Kalau ijasahnya ujian persamaan SD, maka Kepala  UPT yang melegalisasir, kalau Ijasahnya ujian persamaan SMP SMA maka Dinas Propinsi yang melegalisir, karena ijasah ujian Persamaan SMP dan SMA itu  yang mengeluarkan dinas Propinsi, sedangkan untuk ijasah kejar paket mulai A,B,C yang melegalisir adalah dinas Pendidikan Kabupaten,” jelas Bambang.

Lebih lanjut Bambang Budi Mustika menjelaska, legalisir ijasah ini untuk menyatakan bukti kebenaran, makanya ijasah dilegalisir dengan sesuai aslinya. “Jadi kalau kita ngak mempunyai data ngak mungkin kami melegalisir ijasah, makanya kami juga mengirim surat keterangan keabsahan dokumen kepada calon Kades,” pungkasnya. (hib/shb)