Jelang Romadhan Harga Sembako Merangkak Naik

tim  dari BKP3 bangkalan yang dimpin Asisten Ekonomi saat sidak
tim dari BKP3 bangkalan yang dimpin Asisten Ekonomi saat sidak

 

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- Menjelang bulan suci Romadhan, harga sejumlah sembilan bahan pokok (semboko) di pasar Tradisional Ki Lemah duwur (KLD) kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mulai merangkak naik. Kenaikan harga sembako itu langsung dipantau oleh tim gabungan dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP-3)  kabupaten Bangkalan yang dipimpin oleh Asisten Ekonomi dan Kesra, Moh Ghufron. Tim gabungan yang beranggotakan Dinas Pertanian dan Peternakan dan Satpol PP itu  langsung blusukan di pasar KLD. “Sidak dari tim gabungan ini tujuannya untuk memantau harga sembako dan untuk melihat ketersediaan stok barang menjelang bulan suci Ramdhan,” kata Asisten Ekonomi dan Kesra, Moh Ghufron saat sidak dipasar KLD, Selasa (16/06/2015).

Dijelaskan Ghufron, dari hasil sidak yang dilakukan, stol sembako mulai dari beras, minyak goreng dan lainnya ketersediaannya masih cukup selama bulan suci Rhomadan hingga lebaran Idul Fitrih. “Kalau stokl barang cukup dan insya Allah tidak akan kurang,” terang Ghufron.

Sementara itu,  Kepala  Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3), Abdullah Fanani menjelaskan, dalam sidak yang dilakukan itu, pihaknya belum menemukan keluhan dari masyarakat dan pedagang terkait dengan stok beras. “Kalau stok beras belum ada keluhan, dan beras di petani masih banyak, kita juga masih mempunyai beras cadangan di bulog sebanyak 1.200 ton,” jelasnya.

Lebih lanjut Abdullah fanani menjelaskan, dalam sidak yang dilakukan di pasar KLD, ada sejumlah barang yang mengalami kenaikan harga, diantaranya; cabe merah besar naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu, telur ayam  dari Rp 18 ribu naik menjadi Rp 21 ribu daging ayam dari Rp 25 ribu naik menjadi Rp 30 ribu. “Kalau harag bawang merah malah turun dari    dari harga Rp 30 ribu turun menjadi Rp 15 ribu/kg-nya,” pungkas Abdullah Fanani. (hib/shb)