HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Jumlah Buta Aksara di Kabupaten Bangkalan Menurun

Kabid Dikluseniraga Disdik Bangkalan, Siti Sumriyah
Kabid Dikluseniraga Disdik Bangkalan, Siti Sumriyah

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- jumlah buta aksara di kabupaten bangkalan setiap tahunnya terus menurun. Jika pada tahun 2015 jumlah buta aksara sebanyak 80.617 pada tahun 2016 ini jumlahnya menurun menjadi 76.517. “Kita akan terus menerus berupaya untuk menurunkan angka buta aksara ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten bangkalan, Moh Mohni melalui, Kabid Dikluseniraga Disdik Bangkalan, Siti Sumriyah, Sabtu (05/03/2016).

Dikatakan Sumriyah, upaya yang dilakukan Disdik untuk mengurangi jumlah buta aksara itu dengan cara memberikan pendidikan kepada masyarakat melalui belajar kejar paket, mulai dari kejar paket A, B dan kejar paket C. “Usia yang mengikuti kejar paket A hingga C itu rata-rata usia 15 tahun hingga 59 tahun,” jelasnya.

Lebih lanjut Sumriyah menjelaskan, pendidikan kejar paket ini dilaksanakan di pusat kegaiatan belajar masyarakat (PKBM) yang ada di semua kecamatan di kabupaten bangkalan. “Saat ini ada sebanyak 44 PKBM yang tersebar di 18 kecamatan. PKBM ini yang melaksanakan pendidikan kejar paket,” katanya.

Namun sayang kata Sumriyah, saat ini bantuan dari pemerintah pusat terhadap program keaksaraan fungsional terus berkurang. “Pada tahun 2016 ini kami hanya memperoleh  bnatuan untuk 1.600 wajib belajar keangsaraan fungsional Akan tetapi pihaknya tetap, dan bantuan itupuan sampai sekarang belum turun,” pungkasnya. (hib/shb)