Kadinkes Batal Dilantik, Bupati Hanya Lantik 9 OPD Hasil Seleksi Terbuka

para pejabat saat dilantik

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Kepala Dinas Kesehatan kabupaten bangkalan Sudiyo yang ikut seleks terbuka bersama 9 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya batal dilantik. Paslnya, Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron menunda pelantikan Kadinkes tersebut. “Seharusnya Kepala OPD hasil seleksi terbuka yang dilantik pada hari ini 10 orang, namun 1 orang Kepala OPD hasil seleksi terbuka yaitu Dinas Kesehatan pelantikannya ditunda,” kata Bupati Bangkalan yang akrab di panggil Ra Latif usai melantik 127 orang pejabat eselon II,III dan IV di pendopo agung kabupaten Bangkalan, Rabu (9/10/2019).

Dikatakan dia, pelantikan Kadinkes Bangkalan yang telah lulus seleksi terbuka itu ditunda karena ada perbedaan pandangan oleh komisi Aparatur sipil Negara (ASN) pusat. “Dulu awalnya, Kadinkes yang pelantikannya ini ditunda, dari fungsional dimutas jadi pejabat struktural, lalu yang bersangkutan kembali lagi ke fungsional dan sekarang ke struktural lagi, karena ada perbedaan  dan perdebatan itu sehingga pelantikannya kadinkes ini harus ditunda dulu,” jelas Ra Latif.

Dijelaskan dia, kalau dari segi kepangkatan dan hasi tes and propertest semuanya telah memenuhi syarat. “Kalau dilihat dari segi kepangkatan yang bersangkutan   sudah memenuhi standart begitu juga dengan hasil tes and propertes bagus, Cuma hanya karena ada perbedaan pandangan itu saja. Dan untuk Kadinkes masih  di Plt-kan,” terangnya.

Meskipun 10 OPD yang selama ini kosong sudah di isi kata Ra Latif, akan tetapi masih ada beberapa OPD yang masih kosong. “Untuk beberapa OPD yang masih kosong ini kita akan melakukan seleksi terbuka kembali dan akan bentuk timsel lagi, sebab untuk seleksi terbuka 10 OPD kemarin kita butuh waktu 3 bulan,” pungkasnya.

Ke-0 OPD  yang telah memperoleh rekomendasi dari komisi ASN 2019 tentang rekomendasi hasil seleksi terbuka  dan dilanti bersama 127 pejabat itu antara lain;  Inspektur Inspektorat,Joko Supriyono, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Zakariya,  Dinas Komunikasi dan Informatika Agus Sugianto Zein, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa  Akhmad Ahadiyan Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu M. Ainul Ghufron, Dinas Pendidikan, Bambang Budi Mustika Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Puguh Santoso Dinas Perikanan, Mohamad Zaini,  Satuan Polisi Pamong Praja,  Irman Gunadi (hib/shb).