HEADLINEPERISTIWATERKINI

Kebun BangJani Satu-Satunya Agro Edu Wisata Pertama Di Madura Dilaunching Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Kebun BangJani di desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan saat ini adalah satu-satunya Agro Edu Wisata Pertama di Madura.  Kebun BangJani ini merupakan program unggulan dari Bangun Bangkalan Sejahterakan Petani (BangJani)  Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hotikultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan. “Inysa Allah kebun Bangjani agro edu wisata ini merupakan  satu satunya wisata di Madura yang bernuansa pertanian,” kata Bupati Bangkala, R Abd Latif Amin Imron, usai me-launching Agro Edu Wisata kebun Bangjani di desa Langkap kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, Senin (12/04/2021).

Dikatakan Dia, dalam kebun Bang jnai Agro Edu wisata  ini,  adalah konsep dalam satu ruang yang menyajikan pertanian, pedidikan dan wisata.  “Alhamdulilah konsep penddikannya seperti  alat pertanian tradisional, pendidikan dan olahan pariwisata, untuk wisata-nya ada spot spot selvi.  ini dibangun agar masyarakat berbondong bondong datang ke tempat ini,  saya yakin kebun bangjani ini akan berkembang walaupun saat ini masih banyak kekurangan,  tetapi ini awal dari pemkab bangkalan untuk mensejahterakan petani dan masyrakat kabupaten Bangkalan,” jelas Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan. 

Ra Latif meminta agar masyarakat mejaga dan merawat Kebun BangJani agro Edu Wisata di desa Langkap itu. “Mari kita manfaatkan kebun bangjani ini untuk mengenalkan pertanian kepada  kalangan muda serta memperdalam pengetahuan di bidang pertanian. Saya sangat mengapresiasi kepada Dinas Pertanian, Kebun Bnagjani agro edu wisata ini sangat luar bisa,  dan harusnya tempat ini seperti di perbanyak, dan  mudah mudahan salah satu bentuk inovasi ditengah tengah Pandemi ini bisa bermanfaat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hotikultura dan Perkebunan abupaten Bangkaan, Ir Puguh Santoso,  menjelaskan, kebun Bangjani Agro Edu Wisata ini merupakan Program unggulan dari Bangun Bangkalan Sejahterakan Petani (BangJani). “Kebun Bnagjani ini merupakan impletasi dari visi misi bapak Bupati Bangkalan,  R Abd Latif Amin Imron,  yang didukung dengan kegiatan yang melekat dinas pertanian,” jelas Puguh sapaan akrabnya Puguh Santoso

Dijelaskan Puguh, Kegiatan ini untuk menyediakan wahana yang prespektif modern,  untuk menumbuh kembangkan  rasa cinta generasi muda di bidang pertanian dengan tujuan menyediakan edukasi yang di integrasikan wisata agro sehingga nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat bangkalan. “Agro Edu Wisata ini dirancang dengan konsep integrasi antara edukasi yang didalamnya ada pendidikan untuk anak anak pelajar mulai dari TK SD, SMP, SMA bahkan mahasiswa yang diintegrasi  dengan wisata yang berbasis pertanian.  Di kebun Bangjnai ini kami sediakan cara cara tehnis pembibitan, tehnik budidaya pertanian hidrotanik, cara petik sayur, cara membuat pupuk organik dan juga membuat obat obatan yang hayati alami, kami padukan dengan wisata,” terangnya.

Ditambahkan Puguh dalam kebun Bangjani Agro Edu Wisata seluas 5 Hektar juga dibangun 9 spot untuk Selvi.  “Pada agro edu wisata kami sediakan 9 tempat untuk selvi  sehingga ini mejadi gaya tarik untuk geranasi muda, dan juga kami lengkapi dengan mainan anak-anak,  insya Allah kedeapan akan kami lengkapi dengan Pujasera yang kami kemas sebagai dapur bangjani yang menyediakan makanan khas  bangkalan,” pungkasnya. (hib/shb)