Keguyuban Prajurit TNI Dan Masyarakat Di Lokasi TMMD-107 Patut Diacungi Jempol

Keguyuban Prajurit TNI Dan Masyarakat Di Lokasi TMMD-107

Situbondo,maduranewsmedia.com – Kerukunan dan keguyuban prajurit TNI yang bertugas dalam Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-107 tahun 2020 Kodim 0823/Situbondo di desa Tlogosari Kecamatan Sumber Malang kabupaten Situbondo patut diacungi jempol. Pasalnya, mereka saling membaur dan bekerja sama dalam membangun sasaran-sasaran pembangunan fisik yang telah direncanakan dalam program TMMD 107 ini. Bahkan keguyuban Satgas TMMD-107 dan masyarakat ini setempat  tergambar dalam pribahasa bahasa jawa “Guyub rukun agawe sentoso”

“Guyub rukun agawe sentoso”  ini adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang kalau diaartikan kedalam bahasa Indonesia  kerukunan akan membuat kehidupan ini menjadi sentosa. “Apalah kita (Satgas TTMD Red) tanpa bantuan warga disini,” kata anggota Satgas TMMD107, Pratu Sigit sambil mencicipi tempe goreng di sebuah warung Kopi, Jum,at (10/04/2020).

Keguyuban antara satgas TMMD dan masyarakat setempat itu terlihat dalam setiap moment, karena  para prajurit selalu berusaha merangkul dan membaur dengan warga agar mereka pun bisa mengumpulkan data demi perbaikan program TMMD selanjutnya. “Kami selalu berusaha untuk selalu membaur dengan warga agar mereka tidak merasa canggung dengan kehadiran kita (TNI Red),” tutur Sigit

Selain itu dalam kehidupan keseharian pun para prajurit berada di rumah-rumah pondok orang tua asuh selama kegiatan TMMD berlangsung. Mereka bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan keseharian seperti memasak bersama ataupun hanya sekedar berdiskusi tentang pertanian atau hal yang berhubungan dengan program yang sedang dilaksanakan demi kesuksesan program TMMD di desanya. (dim/shb)