Kemarau Debit Air Sumur Warga Mulai Berkurang

warga desa Arosbaya saat mencari air bersih
warga desa Arosbaya saat mencari air bersih

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– memasuki musim kemarau ini sejumlah desa di kabupaten Bangkalan mulai kesulitan mendapatkan air bersih salah satunya adalah di desa Aroebaya kecamatan Arosbaya, di desa tersebut,. Sumur  warga  debit airnya mulai berkurang. Untuk mendapatkan air bersih pada musim kemarau ini, warga yang berada di daerah yang rawan air bersih saat ini hanya mengandalkan bantuan droping air dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).”Kita sudah melakukan rakor kekeringan dua kali, dan kita mulai mendroping air bersih ke desa-desa yang rawan air bersih,” kata Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat, Rabu (05/08/2015)
.
Dijelaskan dia, Dari 18 kecamatan yang ada di kabupaten Bangkalan, sebanyak 17 kecamatan berpotensi dilanda bencana kekeringan. “Padaa awal bulan  Agustus, saat  akan memasuki musim kemarau. Kita sudah  meiminta wwarga untuk aspada kekurangan air bersih memasuki awal musim kemarau ini,” jelas Dayat panggilan akrabnya Wahid Hidayat.

Lebih lanjut Dayat menjelaskan, dai informasi yang diteima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bulan Agustus-Oktober sudah memasuki musim kemarau. Kendati masih terjadi hujan secara fluktuaktif. “Saat ini, kami  terus melakukan pendataan di setiap kecamatan guna mengetahui desa mana saja yang sangat berpotensi dilanda bencana kekeringan. Untuk satu kecamatan, titik kekurangan air bersih tidak menyeluruh. Contohnya, di satu kecamatan itu belum tentu semua desa mengalami kekeringan. Jadi perlu adanya pendataan yang akurat, agar nantinya jika kekeringan terjadi tindakan yang dilakukan bisa cepat dan tepat sasaran,” pungkasnya. (hib/shb)