Kerjasama Dengan Dinas Peternakan, Satgas TMMD-108 Berikan Layanan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Dan IB Sapi Limosin

Petugas dari Dinas Peternakan saat melakukan penyuntikan sapi

Tulungagung, maduranewsmedia.com- tim satgas TMMD-108 bekerjasama dengan Dinas peternakan Kabupaten Tulungagung melakukan kegiatan layanan Pemeriksaan kesehatan Hewan  berupa penyuntikan inseminasi buatan (IB) dan pengobatan hewan ternak. Kegiatan itu dilakukan pada pekan ke tiga. Dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 Kodim 0807/Tulungagung di desa Ngepoh Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.  ”Penyuntikan bibit sapi Limosin terhadap sapi warga binaan dilakukan agar nantinya menghasilkan bibit sapi yang bagus dan unggul.” Kata Babinsa desa Ngepoh, . Kopda Bustanul, Jumat (17/07/2020)

Sementara itu salah seorang anggota Kodim 0807/Tulungagung Sertu Miswan, menjelaskan, penyuntikan inseminasi buatan dan pengobatan hewan ternak ini merupakan kerjasama antara tim satgas TMMD dengan Dinas peternakan Kabupaten Tulungagung. Tim satgas TMMD terjun ke masyarakat dengan memberi vitamin ke hewan ternak milik warga desa Ngepoh.

“Dengan adanya penyuntikan seperti ini Ternak akan lebih dapat berkembang dengan baik sekaligus akan mampu memberi hasil yang lebih baik pula. Sedangkan vitamin yang disuntikan untuk menjaga kesehatan hewan agar selalu dalam kondisi sehat. Pada intinya penyuntikan ini untuk meningkatkan kesehatan serta mempertahankan populasi ternak, khususnya peternak sapi,” jelas Miswan.

Dikatakan Miswan, Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Tulungagung, rutin melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak warga setiap satu bulan sekali demi memastikan hewan hewan   yang sehat. “Secara bersamaan saat ini juga dilaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan, maka kami dengan berinisiatif membantu memegangi sapi dan juga penyuntikan yang dilakukan oleh Dinas Peternakan agar  supaya kegiatan ini berjalan dengan lancar,”  terang Miswan.

Pada saat melaksanakan kegaitan layanan kesehatan hewan di lokasi TMMD-108 itu, Sertu Miswan didampingi oleh Hudi, Yogik Sudomo dan Jarot Pramudiono.

Warga Desa Ngepoh Mulyono (65) mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD yang bekerja sama dengan Dinas peternakan Kabupaten Tulungagung ini sangat besar sekali manfaatnya bagi para peternak di desa Ngepoh. “Saya selaku peternak sapi, saya mengucapkan terima kasih banyak dengan adanya kegiatan pemeriksaa kesehatan dan kawin suntik hewan di Desa Ngepoh  ini,” pungkas Mulyono. (dim/shb)