Kesadaran Rendah, 280-an Ribu Masyarakat Bangkalan Belum Lakukan Rekam Data, e-KTP   

Kantor Dispenduk Capil, tempat mengurus Dokumen Kependudukan
Kantor Dispenduk Capil, tempat mengurus Dokumen Kependudukan

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- Tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan di kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur masih rendah hal itu terlihat dari masih banyaknya masyarakat  di kabupaten yang berada paling Barat pulau Madura ini yang belum melakukan rekam data e-KTP. “Sampai saat ini ada 289.404 wajib KTP di kabupaten Bangkalan belum melakukan rekam data e-KTP dari total wajib e KTP sebesar 822.635,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Bangkalan, Rudyanto, Senin (25/05).

Dijelaskan dia, untuk meningkatkan jumlah rekam data e-KTP ini pihaknya melakukan sistem jemput bola ke masyarakat. “Kita mempunyai mobil khusus untuk melakukan jemput bola rekam data e-KTP hingga ke desa-desa berdsarkan permintaan dari desa, kalau ada permintaan kami langsung turun,” kata Rudy panggilan akrabnya Rudyanto.

Padahal lanjut Rudy, didalam melakukan rekam data e-KTP ini masyarakat tidak dipungut biaya sama sekali. “Dalam pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan ini tidak dipungut biaya alias gratis, dengan cara ini kita berharap masyarakat  punya dokumen kependudukan semuanya, mulai KTP,KK, Akte Kelahiran dan akte kematian,” katanya.

Didalam e-KTP ini lanjut Rudy, Dispenduk Capil Bangkalan telah melakukan cetak sendiri. “Kita memiliki du amesin cetak, dan 1 mesin itu bisa mencetak 100 lembar KTP, makanya bagi yang belum punya KTP. segera merekam
Paling lambat 14 hari e-KTP sudah jadi,” pungkasnya. (hib/shb)