HEADLINEHUKUM & KRIMINALPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Kurangi Produksi Sampah Plastik, Bupati Bangkalan Keluarkan SE Kepada Pelaku Usaha

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangkalan, Hadari

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Untuk mengurangi jumlah produksi sampah plastik yang belakangan ini terus bertambah, Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron mengeluarkan surat Edaran (SE) kepada seluruh pelaku usaha yang ada di kabupaten Bangkalan.”SE kepada pelaku usaha ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemkab Bangkalan untuk mengurangi produksi sampah plastik,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan, Hadari, Senin (02/09/2018).

Dikatakan dia, dengan adanya SE yang dikeluarkan kepada semua pelaku usaha mulai dari tingkat Mikro atau kecil, menengah dan besar ini diharapkan mereka mulai bisa berfikir untuk mengurangi jumlah sampah plastik. “Para pelaku ekonomi bisa berifikir  melakukan langkah langkah untuk mengurangi produksi sampah plastik,” jelas Hadari.

Dijelaskan Hadari, jika semua pelaku ekonomi di kabupaten Bangkalan ikut memikirkan bagaimana untuk mengurangi produksi sampah plastik, maka dirinya optimis jumlah produksi sampah plastik di kabupaten bangkalan akan berkurang. “Kalau semua pelaku ekonomi didalam melayani customer-nya yang jumlahnya ribuan orang itu tidak mengunakan plastik,  maka sudah berapa jumlah sampah plastik yang bisa dikurangi,” terangnya.

Sebab kata Hadari, Sampah plastik adalah salah satu sampah yang paling sulit didalam penguraiannya ketika berada masuk ke lahan resapan. “Penilaian kinerja Lingkungan Hidup ada tiga parameter, kualitas air, kualitas udara dan kualitas peresapan, kalau limbah plastik itu berada dilahan, kan jelas akan berpengaruh terhadap kualitas lahan,” tuturnya.

Oleh sebab itu kata Hadari, pihaknya akan terus melakukan sosialissai SE bupati tersebut kepada semua pelaku ekonomi yang adai di kabupaten Bangkalan. Selain itu pihaknya juga akan melakukan pemantauan dilapangan.”Selain DLH pak bupati juga akan melakukan evaluasi,karena beliau yang mengeluarkan kebijakan pengurangan sampah plastik ini,” pungkasnya. (hib/shb)