Kurma Salak Makanan Khas Bangkalan Laris Manis Di Bulan Romadhan

Kurma Salak Makanan Khas bangkalan Yang laris manis
Kurma Salak Makanan Khas bangkalan Yang laris manis

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Melimpahnya buah salah pada saat musim panen membuat para ibu kelompok tani Salak harus berfikir keras, bagaimana untuk mendongkrak harga buah salak pada musim panen. Kemudian para ibu-ibu kelompok tani salak ini mempunyai ide kreatif dengan menjadikan buah salak sebagai makanan kurma salak, dan pada musim kemarau ini kurma salak makanan khas kabupaten Bangkalan ini laris manis.

Untuk menghasilkan kurma salak dengan kualitas yang bagus, biasaya para ibu-ibu kelompok tani ini memilih buah salak yang sudah tua dan masak dipohon. “Jadi untuk menghasilkan kurma salak yang bagus kita harus memilih buah salak yang sudah tua dan masak dipohon,” kata Pembuat Kurma salak, Saniah asal desa Kramat kecamatan kota kabupaten bangkalan, Sabtu (27/06/2015)

Dijelaskan Saniah, proses pembuatan kurma salak ini tidak sulit, setelah buah salak dipilih, selanjutnya, buah salak itu dikupas lalu dicuci hingga bersih lalu ditiriskan agar air yang menempel dibuah salak itu menetes. “Kemudian Buah salak yang sudah bersih itu direbus dengan air, jangan lupa ditambah gula,” jelas Saniah.

Proses selanjutnya kata Saniah, buah salak yang sudah direbus itu kemudian dimasukkan ke dalam oves selama satu hari satu malam. “Alhamdulillah dengan cara seperti ini, buah Salak yang pada musim panen harganya murah, setelah jadi kurma salak nilai jualnya lebih mahal, harga satu doz kurma salak Rp 16 ribu,” tutur Saniah.

Ditamabhkan saniah, pada bulan suci romadhan ini, kurma salak hasil produksi ibu-ibu kelompok tani salak ini laris dan banyak pesanan. “Alhamdulillah pada bulan puasa, banyak pesanan kurma salak produksi kami,” pungkas saniah.(hib/shb)