HEADLINEHUKUM & KRIMINALPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Lapas Bebas Dari Narkoba,  Ini Kata Kepala Divisi Permasyarakatan Kemenkumham Korwil Jatim

 

Rutan Bangkalan saat dirazia
Rutan Bangkalan saat dirazia

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- Kemenkumham beterkad untuk menciptakan rumah tahanan dan lembaga permasyarakatan (Lapas) bebas dari Narkoba. Banyaknya kasus yang menimpa petugas lapas menjadi kuri narkoba, membuat  Kepala Devisi Permasyarakatan Jataim bulusukan ke  ke lapas dan rumah Tanahan untuk melakukan pemerriksaan terhadap warga binaan yang ada di lapas dan petugas lapas itu sendiri. “Kalau memang ada anggota kami petugas lapas yang diduga terlibat narkoba si;lahkan diperiksa kami well come,” kata Kepala Divisi permasyarakatan korwil Jatim Djoni Prayitno, saat melakukan razia Narkoba di rumah Tahanan (rutan) Bangkalan, Rabu (23/03/2016) malam.

Dikatakan dia, selama ini pihaknya seringkali melakukan razia terhadap lapas dan rumah tahanan untuk mengecek para warga binaan dan petugas lapas serta satgas di masing0-masing lapas dan rumah tahanan. “Setiap melakukan razia, kami selalu membawa tes urine, dn kami melakukan tes urine kepada pegawai lapas, satgas dan warga binaan,” jelas Djoko Paryitno.

Dijelaskan dia, jika dalam tes yang dilakukan ada warga binaan atau petugas lapas yang terbukti dalam tes urine-nya, makanya pihaknya langsung menyerahkan masalah tersebut kepada aparat penegak hukum. “Kalau darisegi hukum saya serahkan kepada pak Kapolres,” katanya.

Ditambahkan Djoko Prayitno, kepada pegawai lapas yang terbukti mengkonsumsi narkoba, pihaknya tidak segan-segan untuk memberikan sanksi pemecatan. “Pada tahun 2015 ada satu orang pegawai lapas yang telah dipecat dan 4 orang diturnkan pangkatnya. Jadi kmai tidak pernah main-main dengan petugas lapas yang terlibat narkoba,” pungkas Djoko Prayitno. (hib/shb)